MODEL PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN MELALUI ETHICAL LEADERSHIP DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada PT Nasmoco Pemuda di Kota Semarang)

PRASETYA, RIZAL DWI (2023) MODEL PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN MELALUI ETHICAL LEADERSHIP DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada PT Nasmoco Pemuda di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Manajemen_30401800296_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen_30401800296_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ethical leadership terhadap kinerja karyawan, baik secara langsung maupun melalui organizational citizenship behavior (OCB) sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini merupakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada PT Nasmoco Pemuda di Kota Semarang dengan melibatkan responden yang terdiri dari karyawan tingkat berbagai divisi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada responden yang dipilih secara acak. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini sebanyak 110 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model struktural menggunakan alat Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, ethical leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Nasmoco Pemuda Semarang. Jadi, semakin tinggi ; Kedua, ethical leadership berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior karyawan PT Nasmoco Pemuda Semarang; Ketiga, Organizational Citizenship Behavior berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan PT Nasmoco Pemuda Semarang; Keempat, Organizational Citizenship Behavior tidak memediasi pengaruh ethical leadership terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam konteks manajemen sumber daya manusia dan kepemimpinan. Para pimpinan perusahaan perlu memahami pentingnya etika dalam kepemimpinan mereka dan bagaimana hal ini dapat berdampak pada kinerja organisasi secara keseluruhan. Selain itu, perusahaan dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan program-program yang mendorong karyawan untuk menunjukkan perilaku kewarganegaraan organisasional yang lebih aktif, sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja karyawan secara berkelanjutan. Kata Kunci : Ethical Leadership, Organizational Citizenship Behavior, Kinerja Karyawan, PT Nasmoco Pemuda Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:27
Last Modified: 30 Oct 2023 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32563

Actions (login required)

View Item View Item