PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Bengkel DION Semarang)

Majid, Rafi (2023) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Bengkel DION Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Manajemen_30401800276_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Publikasi 30401800276.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh elemen-elemen dalam bauran pemasaran (marketing mix) terhadap loyalitas pelanggan melalui variabel intervening yaitu kepuasan pelanggan. Studi ini difokuskan pada bengkel DION di Semarang, dengan tujuan untuk memahami sejauh mana elemen-elemen marketing mix seperti produk, harga, promosi, dan distribusi memengaruhi kepuasan pelanggan dan akhirnya berdampak pada loyalitas pelanggan terhadap bengkel tersebut. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda yang diolah menggunakan alat statistik SPSS versi 23. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan alat statistik sobel test untuk uji mediasinya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; Kedua, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; Ketiga, orang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; Keempat, proses tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan; Kelima, bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; Keenam, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bengkel DION untuk terus meningkatkan kualitas produk, penetapan harga yang sesuai, strategi promosi yang efektif, dan layanan distribusi yang baik guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan kemudian dapat dianggap sebagai kunci untuk membangun loyalitas pelanggan jangka panjang. Kata Kunci : marketing mix, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, bengkel Dion, semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:24
Last Modified: 30 Oct 2023 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32558

Actions (login required)

View Item View Item