PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN LEVERAGE SEBAGAI MEDIATOR (Studi Empiris pada Industri Manufaktur Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Mahmudah, Arni Risalatul (2023) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN LEVERAGE SEBAGAI MEDIATOR (Studi Empiris pada Industri Manufaktur Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Manajemen_30401800038_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30401800038_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan leverage sebagai variabel mediator. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu industri manufaktur Perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang dipublikasi tahunan dari tahun 2018 sampai 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria sampling diperoleh sampel 14 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel dengan bantuan program Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage belum mampu memediasi hubungan kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Leverage dan Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:15
Last Modified: 30 Oct 2023 06:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32537

Actions (login required)

View Item View Item