UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI KERJA DAN DISPLIN KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PT CIPTA NIAGA SEMESTA)

RAMADHAN, RIZKY (2023) UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI KERJA DAN DISPLIN KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PT CIPTA NIAGA SEMESTA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Manajemen_30401700327_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen_30401700327_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)

Abstract

Kurangnya pemberian motivasi kerja pada karyawan PT. Cipta Niaga Semesta menyebabkan menurunnya produktivitas karyawan setiap tahunnya. Selain itu, hal tersebut diduga karena kurangnya perhatian dari pimpinan dan manajer untuk memberikan motivasi pada karyawan agar lebih giat dalam bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Cipta Niaga Semesta yang berjumlah 150 orang. Sampel dalam penelitian ini didapatkan sebanyak 110 responden, dengan kriteria kriteria penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan PT Cipta Niaga Semesta yang bekerja lebih dari 1 tahun dan karyawan yang bekerja di lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis atau analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa secara parsial motivasi intrinsik dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Sedangkan, motivasi ekstrinsik berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. Selanjutnya, disiplin kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Sedangkan, motivasi intrinsik dan ekstrinsik tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. Selain itu, variabel kepuasan kerja dapat mediasi antara variabel motivasi ekstrinsik dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja. Sedangkan, kepuasan kerja dapat menjadi mediasi antara variabel disiplin kerja terhadap produktivitas kerja. Kata Kunci: Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Disiplin Kerja, Produktivitas Kerja, Kepuasan Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:25
Last Modified: 31 Oct 2023 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32532

Actions (login required)

View Item View Item