Patria Al Falah, Patria Al Falah (2023) ANALISA VALUE ENGINEERING STRUKTUR PONDASI JEMBATAN SUNGAI GONDANG PROYEK JALAN TOL SOLO – NGAWI STA 49 + 553. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
|
Text
30202000298_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada penelitian ini studi value engineering dilakukan pada Struktur Pondasi Jembatan Sungai Gondang Proyek Jalan Tol Solo-Ngawi STA 49+533. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penghematan setelah dilakukan value engineering, mengetahui desain optimal yang bisa diterapkan pada Struktur Pondasi Jembatan Sungai Gondang, mengetahui jumlah/besar biaya total sebelum dan sesudah dilakukan value engineering pada struktur pondasi jembatan sungai Gondang, serta mengetahui rekomendasi alternatif yang didapatkan setelah penerapan value engineering pada struktur pondasi jembatan sungai Gondang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode pengambilan data primer dan data sekunder. Data primer yang dimaksud yaitu Data observasi hasil pengamatan secara langsung, fungsinya untuk mengetahui kondisi nyata jembatan, kondisi lapangan, serta lingkungan. Sedangkan untuk data sekunder dibutuhkan data tanah, gambar detail engineering design, data engineering estimate, dan data time schedule. Metode penelitian data value engineering memiliki empat tahapan yaitu Tahap Informasi, Tahap Kreatif, Tahap Analisis yang didalamnya terdapat : Penentuan alternatif desain pengganti, Merancang RAB desain pengganti, Menganalisa penghematan biaya. dan Tahap yang terakhir yaitu Tahap Rekomendasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan Value Engineering menggunakan tiga alternatif Pondasi. Untuk Pondasi Eksisting menggunakan Bored Pile dimensi 0,8m, untuk alternatif 1 Pondasi Bored Pile dimensi 1m, untuk alternatif 2 Pondasi Tiang Pancang Pracetak Bulat dimensi 0,6m, untuk Alternatif 3 Pondasi Tiang Pancang Pracetak Bulat dimensi 0,8m. Untuk Pemasangan Tiang Pancang menggunakan metode 2 Metode yaitu menggunakan Hammer Diessel dan Hammer Hydraulic. Pada pembahasan ditemukan bahwa pondasi yang efisien adalah alternatif pertama yaitu pondasi bored pile diameter 100 cm. Biaya pekerjaan pondasi eksisting memiliki harga sebesar Rp2.084.433.653,31. Biaya yang optimal dipilih alternatif I yang dapat dilihat dari biaya pekerjaan pondasi menjadi Rp. 1.896.159.863,93 yang berarti terjadi penghematan sebesar 9% yaitu Rp. 188.273.789,38. sehingga peneliti merekomendasikan desain pondasi bored pile diameter 100 cm. Kata kunci : value engineering; jembatan; pondasi; bored pile; tiang pancang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 03:57 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 03:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32518 |
Actions (login required)
View Item |