PENILAIAN MANAJEMEN RESIKO KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROYEK KONSTRUKSI (Studi Kasus Proyek Repair Crack and Waterproofing on Top Floor at Fly Ash Silo A PLTU Tanjung Jati B Unit 3&4)

Faizuddin, Muhammad Azzam and Nugroho, Restu Setya Jati (2023) PENILAIAN MANAJEMEN RESIKO KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROYEK KONSTRUKSI (Studi Kasus Proyek Repair Crack and Waterproofing on Top Floor at Fly Ash Silo A PLTU Tanjung Jati B Unit 3&4). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
30202100245_fullpdf.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kecelakaan kerja sering terjadi akibat kurang dipenuhinya persyaratan dalam pelaksanaan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3). Upaya dalam meminimalisir kecelakaan kerja adalah dengan melakukan manajemen resiko. Tujuan dari penelitian ini adalah menilai kondisi existing penerapan K3 dan mengidentifikasi, menilai serta menganalisis setiap resiko K3 yang ada pada Proyek Repair Crack and Waterproofing on Top Floor at Fly Ash Silo A. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan pembagian kuisioner kepada Responden yang memiliki keahlian bidang K3 dan terlibat dalam pelaksanaan proyek tersebut. Data penelitian dianalisa menggunakan basis Australian Standard / New Zealand Standard 4360 : 2004 Risk Management, untuk menentukan tingkatan potensi resiko menjadi tiga tingkatan (tingkat tinggi, sedang dan rendah). Selanjutnya melalui proses penanganan resiko dalam lima tahapan eliminasi, substitusi, engineering, administratif dan alat pelindung diri (APD) untuk menghasilkan Job Safety Analysis (JSA) yang kemudian dihitung biaya K3 yang dibutuhkan untuk proyek tersebut. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 2 pekerjaan dengan potensi resiko tingkat tinggi , 7 pekerjaan dengan potensi resiko tingkat menengah dan 2 pekerjaan dengan potensi resiko tingkat rendah (Low Risk). Penanganan resiko seperti pemasangan rambu peringatan, peraturan masuk proyek dan lain-lain disusun dalam JSA. Setelah dihitung sesuai JSA yang dibuat, disimpulkan bahwa biaya K3 yang ditetapkan oleh Kontraktor lebih rendah, dibandingkan dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibuat, hal ini menjadi salah satu faktor terjadinya pelanggaran K3. Kata Kunci : Resiko; Keselamatan & Kesehatan kerja; Proyek; Konstruksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:07
Last Modified: 30 Oct 2023 06:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32513

Actions (login required)

View Item View Item