PENERAPAN VALUE ENGINEERING PADA PROYEK GEDUNG (STUDI KASUS : RENCANA PROJECT PEMBANGUNAN GEDUNG WARMADEWA CIVIL COMPETITION (WCC) UNIVERSITAS WARMADEWA BALI TAHUN 2020)

Kusuma, Anisa Indah Deta and Kurniawati, Maharani Isna (2023) PENERAPAN VALUE ENGINEERING PADA PROYEK GEDUNG (STUDI KASUS : RENCANA PROJECT PEMBANGUNAN GEDUNG WARMADEWA CIVIL COMPETITION (WCC) UNIVERSITAS WARMADEWA BALI TAHUN 2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
30202100266_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam perancangan suatu bangunan gedung harus memperhatikan metode – metode serta pemilihan material yang tepat agar tidak tejadi pemborosan biaya. Penerapan value engineering merupakan salah satu upaya untuk menghemat biaya yang cukup signifikan tanpa mengurangi fungsi dasarnya. Penelitian ini dilakukan pada Rencana Project Pembangunan Gedung Warmadewa Civil Competition Universitas Warmadewa Bali. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui item pekerjaan alternatif yang paling efisien dari segi biaya pada pekerjaan plat lantai dan pekerjaan lantai. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa gambar kerja, rencana anggaran biaya proyek, dan analisa harga satuan pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan memiliki 4 tahapan yaitu tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis, dan tahap rekomendasi. Penghematan plat lantai jika hanya memperhatikan pembesian sebesar Rp 43.945.094 atau 9% dari biaya existing yaitu menggunakan alternatif wiremesh M9-150 sebanyak dua lapis untuk plat lantai dan wiremesh M7-150 sebanyak dua lapis untuk plat basement. Namun, penghematan jika plat lantai memperhatikan pembesian, bekisting, dan plafond sebesar Rp 308.727.324 atau 32% dari biaya existing yaitu menggunakan alternatif wiremesh M9-150 sebanyak satu lapis dan bondek dan wiremesh M7-150 sebanyak dua lapis untuk plat basement. Penghematan pada pekerjaan lantai sebesar Rp 571.057.094 atau 53% dari biaya existing dengan menggunakan alternatif granit merk Roman. Kata Kunci: value engineering; plat lantai; wiremesh; granit;

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:58
Last Modified: 27 Oct 2023 03:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32508

Actions (login required)

View Item View Item