Nahdatunnisa, Nahdatunnisa (2023) 0T[MALISASILAYANAN INFASTUKTUR JAL.UR PEDESTRIAN PADA KAWASAN RUANG TERBUKA MLJAU PUBLIK PERKOTAAN. Doctoral thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Doktor Teknik Sipil_10202000007_fullpdf.pdf Download (9MB) |
|
Text
Doktor Teknik Sipil_10202000007_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
Abstract
Permasalahan jalur pedestrian di ruang terbuka hijau publik perkotaan tidak Input dari masalah infrastruktur jalur pedestrian yang dibangun kurang optimal, sehingga kurang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat kota. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kondisi eksisting jalur pedestrian pada kawasan RTH Publik Tugu Religi MTQ, melakukan benchmarking penelitian terkait layanan infrastmktur jalur pedestrian yang ada di Kota Makassar sebagai rujukan dalam penelitian ini, serta mendapatkan model dan strategi pengembangan infrastmktur jalur pedestrian yang optimal bagi RTH Publik perkotaan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi pemerintah dalam perencanaan jalur pedestrian khususnya dalam desain kemiringan ramp pada jalur pedestrian serta memudahkan aksesibilitas menuju RTH Publik bagi masyarakat dan penyandang disabilitas seperti: tunadaksa, tunanetra, orang tua, ibu hamil dan anak-anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kombinasi (mix methods) yaitu penelitian kualitatif (case study) dan penelitian kuantitatif dengan menggunakan ska/a liker/. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 399 responden dengan IO variabel dan 31 indikator penilaian untuk mengetahui nilai kepen tingan dan indeks kepuasan pengguna j alur pedestrian kemudian dilakukan simulasi pada model kemiringan ramp padajalur pedestrian. Hasil penelitian disertasi ini mengidentitikasi kinerja jalur pedestrian dan menunjukkan indeks kepuasan pengguna. Kinerja jalur pedestrian pada kawasan RTH Publik Perkotaan di Kota Kendari, dengan 10 variabel dan 31 indikator penilaian menunjukkan hasil dengan pemetaan nilai rata-rata atribut pelayanan terbagi atas 4 kuadran dengan rincian yaitu : Kuadran I (Prioritas utama) sebanyak 4 atribut, Kuadran II (Pertahankan Prestasi) sebanyak 6 atribut, Kuadran lll (Berlebihan) sebanyak 9 atribu t dan Kuadran IV (Kualitas Rendah) sebanyak 12 atribut. Hasil yang diperoleh menunjukkan nilai kepentingan responden pengguna jalur pedestrian dimulai dari skor terendah dengan nilai 3,01 dan skor tertinggi dengan nilai 3 ,91 sedangkan untuk nilai kepuasan dimulai dari skor terendah 2,90 dan skor tertinggi 3,48. Penilaian minimum yang diberikan terhadap 8 variabel dengan rentan nilai CSI sebesar 51,00% - 65,99% = Cukup Puas. Regulasi pemerintah dalam hal ini Permen PU o. 2 Tahun 2018 belum sepenuhnya diterapkan pada semua segmen/zona oleh pihak pengelola kawasan. Benchmarking penelitian yang dilakukan pada kawasan RTH Publi.k Lapangan Karebosi Makassar, yang memili.ki beberapa kelebihan karena sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti : marka, jalur difabel dan street furniture yang dipersyaratkan. Serta Area untuk PKL yang sudah tertata dengan baik di segmen jalan R.A Kartini. Kawasan ini juga memiliki kelemahan terkait lebar jalur pedestrian yang belum memenuhi syarat standar untuk jalan arteri yaitu 5-6 m. Strategi pengembangan kawasan RTH Publik adalah strategi konsep RTH Kendari: 'Aman, yaman dan Aksesibel'. Konsep ini melakukan pendekatan terhadap pola pelayanan yang akan diberikan yaitu : Aman berarti sarana, prasarana, kondisi lingkungan hingga ke SOM memberi kepastian dan jaminan kelancaran perjalanan. Kata kunci: Injiw,truktur,jalur pedestrian, ruang terbuka hijau (RTH) publik
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Program Doktor Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 02:40 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 02:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32507 |
Actions (login required)
View Item |