EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI TRANSPORTASI PUBLIK TRAYEK PENGGARON-KALIBANTENG KOTA SEMARANG (TRANS SEMARANG KORIDOR 1)

SETYOBUDI, NURUL ILMIYATI (2023) EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI TRANSPORTASI PUBLIK TRAYEK PENGGARON-KALIBANTENG KOTA SEMARANG (TRANS SEMARANG KORIDOR 1). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202100004_fullpdf.pdf

Download (25MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202100004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)

Abstract

Kota semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia dengan jumlah penduduk yang terus mengalami peningkatan pada tiap tahunnya. Kebijakan tentang kepadatan kota bukan merupakan kebijakan transportasi, tetapi kebijakan ini mempunyai dampak, langsung dan tak - langsung, terhadap sistem transportasi kota . Keberadaan sarana transportasi umum yang melayani berbagai kawasan perkotaan saat ini banyak yang kualitasnya buruk, sehingga menyebabkan timbulnya berbagai dampak kepada masyarakat. Akibatnya banyak masyarakat yang kurang memanfaatkan moda tersebut dan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan rasionalistik. Rasio yang digunakan yaitu dengan metode statistik sederhana. Data yang digunakan untuk penilaian efektivitas dan efisiensi dilihat dari rasio Aksesibilitas, Kapasitas, Ketepatan Waktu, Harga Tiket, Karakteristik Organisasi, Karakteristik Lingkungan, Karakteristik Pekerja dan Praktik Manajemen. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pola pergerakan pengguna angkutan umum di kawasan Trayek Penggaron-Kalibanteng Kota Semarang (Trans Semarang Koridor 1) masuk kedalam kategori merata dapat dijangkau oleh pengguna angkutan umum dengan mudah dan efektif dengan memenuhi semua indikator efektivitas dan efisiensi transportasi publik. Tingkat efektivitas trayek Penggaron-Kalibanteng Kota Semarang (Trans Semarang Koridor I) memiliki nilai prosentase rata-rata sebesar 96.23% dan tergolong ke dalam kategori sangat efektif. Aksesibilitas mudah, Kapasitas bus sudah sesuai dengan jumlah penumpang, dan harga tiket sudah sesuai dengan fasilitasnya. Perhitungan SPSS ektivitas pelayanan transportasi publik dimana yang dianggap efektif adalah dari karakteristik penilaian dari unsur Kapasitas, Harga tiket, Karakteristik organisasi, Karakteristik lingkungan, Karakteristik pekerja dan Karakteritik manajemen. Sedangkan untuk tingkat efisiensi memiliki nilai prosentase rata-rata 94,50% (Utilitas Kendaraan dan Load Factor)yang tergolong baik dan efisien. Hasil perhitungan SPSS efesiensi pelayanan transportasi publik dimana yang dianggap efesien terdiri dari penilaian Aksebilitas, Harga tiket, Karakteristik lingkungan dan karakteristik manajemen. Kata kunci: Transportasi Umum, Efektivitas, Efisiensi, Trayek Penggaron­ Kalibanteng (Trans Semarang Koridor I), Karakteristik Pelayanan Transportasi Publik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:38
Last Modified: 27 Oct 2023 03:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32492

Actions (login required)

View Item View Item