DAMPAK PEMBANGUNAN ABDUL RASYID TOWER TERHADAP PERUBAHAN ARUS LALU LINTAS. DI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

PAMUNGKAS, YUDI RIBUT (2023) DAMPAK PEMBANGUNAN ABDUL RASYID TOWER TERHADAP PERUBAHAN ARUS LALU LINTAS. DI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202000075_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202000075_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Sejalan dengan pertumbuhan populasi penduduk, Kota Pangkalan Bun sekarang sudah berkembang meluas sampai ke jalur – jalur linier atau wilayah sekitarnya, tidak hanya di pusat kota saja. Hal ini yang mengakibatkan Kota Pangkalan Bun banyak terdapat pusat perdagangan besar dan salah satunya adalah Pembangunan Abdul Rasyid Tower di Jalan Udan Said depan kantor pusat CBI Group, Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat yang akan mengakibatkan kemacetan / tarikan perjalanan baru di Kota Pangkalan Bun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survey langsung di persimpangan ruas Abdul Rasyid Tower di jalan udan said tersebut pada jam puncak pagi, siang dan sore hari dari jam 06.00 – 18.00 WIB. Dari hasil survey kemudian dilakukan pengelompokkan pada masing – masing ruas pada simpang dan disajikan dalam bentuk tabel kendaraan. Dalam perhitungan analisis simpang menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan Softwere Vissim. Kinerja lalu lintas di sekitar lokasi proyek Abdul Rasyid Tower pada pra konstruksi menurut perhitungan MKJI 1997, tundaan simpang terbesar sore hari pada simpang pertama sebesar 7,45 detik. Hasil Softwere Vissim tundaan simpang terbesar terjadi pagi hari pada simpang pertama yaitu sebesar 7,98 detik. Kinerja lalu lintas di sekitar lokasi proyek Abdul Rasyid Tower pada masa konstruksi menurut perhitungan MKJI 1997, tundaan simpang terbesar terjadi pada sore hari pada simpang pertama sebesar 9,47 detik. Hasil Softwere Vissim tundaan simpang terbesar terjadi pada sore pada simpang pertama sebesar 9,89 detik.Kinerja lalu lintas di sekitar lokasi proyek Abdul Rasyid Tower pada saat pasca konstruksi menurut perhitungan MKJI 1997, tundaan simpang terbesar siang hari pada simpang pertama sebesar 7,78 detik. Hasil Softwere Vissim tundaan simpang terbesar siang hari pada simpang pertama sebesar 8,21 detik. Kata Kunci : Abdul Rasyid Tower, Softwere Vissim, Tundaan Simpang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:37
Last Modified: 27 Oct 2023 03:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32490

Actions (login required)

View Item View Item