DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN REL KERETA API LAYANG DI RUAS PERSIMPANGAN PALANG JOGLO SURAKARTA

KUNCORO, SONDANG (2023) DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN REL KERETA API LAYANG DI RUAS PERSIMPANGAN PALANG JOGLO SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202000063_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20202000063_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Simpang Joglo merupakan pertemuan dua jalan nasional, yakni Jl. Ki Mangunsarkoro dan Jl. Sumpah Pemuda. Kemudian dua jalan Provinsi yakni Jl. Kolonel Sugiono yang menuju arah Purwodadi dan Jl. Pierre Tendean. Arus lalu lintas di simpang Joglo semakin padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan persimpangan sebidang di palang joglo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survey langsung di persimpangan ruas palang joglo tersebut pada jam puncak pagi, siang dan sore hari dari jam 06.00 – 18.00 WIB. Dari hasil survey kemudian dilakukan pengelompokkan pada masing – masing ruas pada simpang dan disajikan dalam bentuk tabel kendaraan. Dalam perhitungan analisis simpang menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Hasil kinerja simpang palang joglo Surakarta sebelum konstruksi menunjukkan bahwa derajad kejenuhan pagi hari sebesar 0,56, derajad kejenuhan siang hari sebesar 0,46 yang menunjukkan tingkat pelayanan jalan kelas C. Derajad kejenuhan sore hari sebesar 0,92 yang menunjukkan tingkat pelayanan jalan kelas E, sedangkan derajad kejenuhan pada saat konstruksi menunjukkan pagi hari sebesar 0,57, derajad kejenuhan siang hari sebesar 0,62 yang menunjukkan tingkat pelayanan jalan kelas C. Derajad kejenuhan sore hari sebesar 1 yang menunjukkan tingkat pelayanan jalan kelas F. Pada Proyek Pembangunan Jalur KA Elevated akan mengalami penyempitan pada ruas – ruas tertentu akibat adanya pembangunan tersebut, maka dari itu dilakukan manajamen rekayasa lalu lintas saat konstruksi sedang berlangsung. Kendaraan berat golongan 3 dan 4 yang akan melintas di simpang joglo di alihkann lewat tol kebak kramat, tol gondanrejo dan tol colomadu, tol ngemplak. Dari arah Boyolali dan Yogyakarta yang akan melintas palang joglo akan dialihkan masuk ke pintu tol colomadu dan bisa keluar dipintu tol gondangrejo yang akan mengarah ke purwodadi atau pintu tol kebak kramat yang menuju ke surabaya. Kata Kunci: Palang Joglo, Derajad Kejenuhan, Tingkat Pelayanan Jalan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:36
Last Modified: 27 Oct 2023 03:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32488

Actions (login required)

View Item View Item