PENGARUH KOORDINASI SIMPANG BERSINYAL TERHADAP WAKTU TEMPUH PENGGUNA JALAN (STUDI KASUS SIMPANG PEGADAIAN DAN SIMPANG ALUN-ALUN LAMA UNGARAN)

BIMANTARA, FIRMANDHI SAHID (2023) PENGARUH KOORDINASI SIMPANG BERSINYAL TERHADAP WAKTU TEMPUH PENGGUNA JALAN (STUDI KASUS SIMPANG PEGADAIAN DAN SIMPANG ALUN-ALUN LAMA UNGARAN). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20201900017_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20201900017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

Meningkatnya volume kendaraan membuat suatu permasalahan lalu lintas yang banyak terjadi di wilayah perkotaan yaitu besarnya tundaan yang dialami para pengguna jalan yang tentunya perlu adanya peran stakeholder atau Pemerintah terkait guna mengatasi permasalahan yang terjadi. Permasalahan yang terjadi membuat pengguna jalan mengalami dua kali waktu merah yang membuat waktu perjalanan menjadi lebih lama. Dibuatnya penelitian ini difokuskan pada evaluasi pengaturan waktu siklus eksisting di persimpangan Alun-alun Lama dan Pegadaian di Kabupaten Semarang dengan tujuan untuk mendapatkan waktu siklus optimal. Tujuan dari penelitian ini mencakup evaluasi pengaturan waktu siklus eksisting, analisis pengendalian persimpangan menggunakan metode greenwave, evaluasi efektivitas koordinasi persimpangan, dan penentuan manfaat dari koordinasi persimpangan. Rekomendasi yang diajukan antara lain meliputi penerapan pengaturan waktu siklus yang beragam dan terkoordinasi di persimpangan Pegadaian dan Alun-alun Lama dengan memanfaatkan metode greenwave. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan MKJI 1997 yang kemudian hasilnya di ujicobakan secara langsung di lapangan untuk mendapatkan data sebelum dan sesudah pengaturan pengendalian simpang. Berdasarkan analisis literatur, penelitian, dan observasi lapangan diketahui bahwa koordinasi simpang bersinyal dapat mengurangi waktu tempuh bagi pengguna jalan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengaturan waktu siklus yang ada saat ini memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan waktu siklus baru yang diusulkan. Hasil dari pengendalian persimpangan menggunakan metode greenwave berhasil mengurangi waktu tempuh hingga 27,9% dari total waktu yang diperlukan. Hal ini menunjukkan pentingnya variasi pengaturan waktu untuk mencapai kinerja optimal. Penelitian ini juga memberikan dampak positif bagi pengguna jalan dan dapat dijadikan referensi bagi Pemerintah dalam mengatur waktu siklus persimpangan. Kata Kunci : Koodinasi Simpang Besinyal, Greenwave, Efisiensi Tansportasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:39
Last Modified: 30 Oct 2023 06:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32465

Actions (login required)

View Item View Item