IMPLEMENTASI DIGITAL KONSTRUKSI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MENENTUKAN KOORDINAT BANGUNAN GEDUNG

WIDAYANTO, ARIF (2023) IMPLEMENTASI DIGITAL KONSTRUKSI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MENENTUKAN KOORDINAT BANGUNAN GEDUNG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Teknik Sipil_20201900012_fullpdf.pdf

Download (35MB)
[img] Text
Magister Teknik Sipil_20201900012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Revolusi Industri 4.0 merupakan topik yang cukup banyak dibicarakan, yang mengharuskan kita memanfaatkan teknologi digital untuk memudahkan pekerjaan manusia tak terkecuali pada bidang Konstruksi. Pada bidang Konstruksi sendiri sudah menerapkan Building Information Modeling (BIM) sebagai acuan dalam pembuatan Konstruksi. Sedangkan dari segi teknologi nya ada Augmented Reality yang membawa model 3D ke dunia nyata. Pengembangan Augmented Reality untuk mempermudah pekerjaan Konstruksi ini akan sangat membantu, sehingga dapat mempercepat proses awal Konstruksi. Oleh karena itu Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui ketepatan koordinat dari implementasi teknologi Augmented Reality dalam kurun waktu tertentu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data desain 3D Pile Cap bangunan Rumah Menteri IKN dan Kantor Solo - Jogja. Masing-masing desain diambil total 74 dan 68 titik koordinat untuk diteliti galat yang dihasilkan dari implementasi menggunakan teknologi AR. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah masing-masing memiliki tingkat galat sebesar 0,6148648649 untuk rumah menteri IKN dan 0,6102941177 yang mana masih di bawah 1% untuk standar maksimal galat. Saran dari penulis adalah diharapkan dalam pengujian menggunakan obyek dengan skala penuh atau 1:1. Kemudian direkomendasikan untuk melakukan penambahan pengukuran seperti kontur, sehingga dapat diuji menggunakan 3 arah (x,y,z). Kata Kunci : Ilmu Ukur Tanah, Augmented Reality, Building Information Modeling.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:25
Last Modified: 27 Oct 2023 03:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32463

Actions (login required)

View Item View Item