KEBIJAKAN PENGATURAN BATAS MAKSIMUM KEPEMILIKAN PERORANGAN ATAS HAK MILIK NON PERTANIAN BERBASIS NILAI KEADILAN (STUDI DI KANTOR BPN KABUPATEN SUBANG)

RACHMANDHANI, AFRIZAL YANNUAR (2023) KEBIJAKAN PENGATURAN BATAS MAKSIMUM KEPEMILIKAN PERORANGAN ATAS HAK MILIK NON PERTANIAN BERBASIS NILAI KEADILAN (STUDI DI KANTOR BPN KABUPATEN SUBANG). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Kenotariatan_21302100177_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Kenotariatan_21302100177_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan batas maksimum kepemilikan perorangan atas Hak Milik Tanah non pertanian di Kabupaten Subang, berbasis nilai keadilan, dan untuk mengetahui dan menganalisa tentang upaya pengawasan yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional dalam batas maksimum kepemilkan tanah hak milik non pertanian di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Subang. Metode pendekatan penelitian yang digunakan dalam tesis adalah metode pendekatan yuridis sosiologis. Spesifikasi Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitis. Jenis dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang meliputi UUD 1945; Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria; Undang-Undang KUHPerdata. Serta data sekunder berisi buku-buku dan dokumen-dokuemn pendukung lainya. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan studi dokumen atau bahan pustaka. Metode analisa data yang digunakan dalam menganalisa data adalah triangulasi data, Sugiyono mengemukakan bahwa triangulasi data diartikan sebagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Hasil Penelitian ini pada akhirnya memberikan gambaran bahwa pengawasan terhadap batas maksimum kepemilikan tanah non pertanian di Kantor BPN Kabupaten Subang, secara normatif masih sangat lemah dan tidak proaktif, walapun secara umum tetap berada didalam koridor UUPA, yang terbukti belum banyak melindungi kepentingan hak rakyat kecil dan masih jauh dari perwujudan nilai keadilan sosial. Kata kunci : Nilai Keadilan, Kebijakan, Batas Maksium.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:33
Last Modified: 30 Oct 2023 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32451

Actions (login required)

View Item View Item