Peningkatan Kinerja dan Kapabilitas Inovasi UKM Batik Melalui Social Capital dan Knowledge Sharing pada UKM Sentra Batik di Jawa Tengah

Prasetya, Bagas (2023) Peningkatan Kinerja dan Kapabilitas Inovasi UKM Batik Melalui Social Capital dan Knowledge Sharing pada UKM Sentra Batik di Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Manajemen_30401612098_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen_30401612098_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)

Abstract

Ketidakmampuan UMKM untuk menghadapi pasar global mungkin timbul karena lemahnya akses terhadap informasi. Sumber daya dan kompetensi memainkan peran penting dalam pemilihan strategi pengembangan kinerja sebuah UKM. Keterkaitan social capital, knowledge sharing, dan kapabilitas inovasi menjadi faktor penting sebagai indikator keberhasilan peningkatan kinerja di dalam sebuah UKM. Lokasi yang menjadi objek penelitian ini adalah UKM Batik Kota Semarang dan Kabupaten Pekalongan. Untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis CFA (Confirmatory Factor Analysis) dan analisis Regression Weight. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel social capital, knowledge sharing, kapabilitas inovasi, dan kinerja saling mempengaruhi. tetapi untuk variabel social capital tidak berpengaruh terhadap variabel kinerja. Implikasi penelitian yang dapat dilakukan oleh para pengusaha UKM yaitu optimalisasi knowledge sharing guna meningkatkan kapabilitas inovasi yang selanjutnya akan berdampak pada peningkatan kinerja. Pengelola usaha harus melakukan optimalisasi hubungan antar karyawan dengan mempererat solidaritas dan kerjasama dalam setiap tugas tim sehingga dapat tercipta hubungan kepercayaan yang kuat dan adanya timbal balik antar individu karyawan dalam UKM. Kata Kunci : UMKM, Social Capital, Knowledge Sharing, Inovasi, Kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:35
Last Modified: 27 Oct 2023 02:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32403

Actions (login required)

View Item View Item