PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITUR ATAS HAK TANGGUNGAN UNTUK OBYEK HAK GUNA BANGUNAN YANG SUDAH BERAKHIR JANGKA WAKTUNYA SEBELUM PERJANJIAN KREDIT DALUWARSA.

Intaniyati, Fani (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITUR ATAS HAK TANGGUNGAN UNTUK OBYEK HAK GUNA BANGUNAN YANG SUDAH BERAKHIR JANGKA WAKTUNYA SEBELUM PERJANJIAN KREDIT DALUWARSA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Kenotariatan_21302100125_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Kenotariatan_21302100125_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Pemberian kredit yang dilakukan di Pekalongan sudah semestinya harus dapat memberikan perlindungan hukum bagi pemberi dan penerima kredit serta pihak yang terkait mendapat perlindungan melalui suatu lembaga jaminan hukum bagi semua pihak yang berkepentingan. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui status hukum terhadap untuk obyek Hak Guna Bangunan yang sudah berakhir jangka waktunya sebelum perjanjian kredit daluwarsa dan untuk mengetahui apa solusi terhadap perjanjian kredit dengan Hak Tanggungan dari jaminan HGB yang sudah berakhir jangka waktunya sebelum perjanjian kredit daluwarsa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan dengan penelitian hukum normatif, yaitu penelitian yang dilakukan pada perundangundangan tertentu ataupun hukum tercatat. Tujuan pokoknya adalah untuk mengadakan identifikasi terhadap pengertian-pengertian pokok atau dasar dalam hukum, yakni masyarakat hukum, subyek hukum, hak dan kewajiban, peristiwa hukum hubungan hukum dan obyek hukum. Hasil penelitian perjanjian kredit dengan jaminan sertifiat Hak Guna Bangunan selalu dilakukan dengan pembebanan Hak Tanggungan melalui tiga tahap, yaitu tahap mengadakan perjanjian utang piutang antara debitur dan kreditur, proses pemberian Hak Tanggungan di hadapan PPAT, dan proses pendaftarannya oleh Kantor Pertanahan. maka pada saat penandatanganan APHT haruslah di cantumkan klausula kuasa agar kreditur dapat mengurus perpanjangan haknya jika nantinya Hak Tanggungannya akan berakhir, menawarkan perubahan hak menjadi Hak Milik dan meminta jaminan tambahan maupun jaminan pengganti. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Hak Tanggungan, Hak Guna Bangunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:18
Last Modified: 27 Oct 2023 02:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32392

Actions (login required)

View Item View Item