PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PROBIOTIK TERHADAP PENURUNAN KADAR BASOFIL PADA TIKUS MODEL RINITIS ALERGI (Studi pada sediaan komersial yang mengandung Lactobacillus acidophillus, Lactobacillus casei, Lactobacillus salivarius, Bifidobacterium lactis, Lactococcus lactis)

Fadilah, Nurlayli Hasanatun (2023) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PROBIOTIK TERHADAP PENURUNAN KADAR BASOFIL PADA TIKUS MODEL RINITIS ALERGI (Studi pada sediaan komersial yang mengandung Lactobacillus acidophillus, Lactobacillus casei, Lactobacillus salivarius, Bifidobacterium lactis, Lactococcus lactis). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
30101607712_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rinitis Alergi merupakan hipersensitivitas klinis pada mukosa hidung terhadap paparan alergen yang dimediasi oleh antibodi Imunoglobulin E (IgE), gejala pada Rinitis Alergi yakni hidung tersumbat, rinore jernih, bersin-bersin, postnasal drip, dan pruritis hidung. Penyakit ini adalah respons imun yang dimediasi IgE yang melawan antigen yang dihirup pada fase langsung, dengan fase akhir yang dimediasi leukotrien berikutnya. Sampai ini, penelitian pengaruh pemberian kombinasi probiotik terhadap penurunan kada basofil masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi probiotik sebagai terapi tambahan untuk mengurangi gejala rinitis pada hewan coba tikus jantan galur Wistar yang diinduksi ovalbumin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian post test only control grup design menggunakan tikus jantan galur wistar dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan dengan jumlah 24 tikus yang dibagi secara random ke K1 (kelompok normal), K2 (kontrol negatif), K3 (kontrol positif dengan cetirizine 0,18 mg/grBB), K4 (kelompok perlakuan dengan probiotik 54mg/grBB). Sample darah diambil melalui vena opthalmica selanjutnya kadar Basofil diukur menggunakan hematology analyzer. Hasil penelitian ini didapatkan ada perbedaan bermakna antar kelompok yang hanya diinduksi ovalbumin dan kelompok yang telah diberi terapi kombinasi probiotik. Hasil uji analisis dengan Kruskall Wallis didapatkan hasil p=0,000 dan uji Mann Whitney p=0,003 Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian kombinasi probiotik terhadap penurunan kadar basofil pada tikus yang diinduksi ovalbumin sehingga berpotensi sebagai terapi tambahan untuk mengurangi gejala rinitis alergi. Kata kunci: Probiotik, Rinitis Alergi, Ovalbumin, Basofil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:59
Last Modified: 24 Oct 2023 05:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32377

Actions (login required)

View Item View Item