PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PROBIOTIK TERHADAP PENURUNAN KADAR INTERLEUKIN 4 PADA TIKUS MODEL RINITIS ALERGI (Studi pada Sediaan Komersial yang Mengandung Lactobacillus acidophillus, Lactobacillus casei, Lactobacillus Salivarius, Bifidobacterium lactis, Lactococcus lactis)

Pabliuca, Saskia Rosa (2023) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI PROBIOTIK TERHADAP PENURUNAN KADAR INTERLEUKIN 4 PADA TIKUS MODEL RINITIS ALERGI (Studi pada Sediaan Komersial yang Mengandung Lactobacillus acidophillus, Lactobacillus casei, Lactobacillus Salivarius, Bifidobacterium lactis, Lactococcus lactis). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
30101607735_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rinitis alergi adalah peradangan pada mukosa nasal akibat proses inflamasi yang disebabkan oleh paparan alergen dengan perantara imunoglobulin E yang memicu eosinofil untuk memfagositosis zat asing dan bakteri penyebab alergi. Rinitis alergi memiliki gejala hidung tersumbat, gatal, dan juga bersin hal ini menjadi masalah kesehatan global yang dapat berdampak pada kualitas hidup bagi penderitanya. Kombinasi probiotik dapat menghilangkan alergi dengan cara meningkatkan ekspresi reseptor interleukin 4 (IL4), sehingga kombinasi probiotik digunakan sebagai obat dalam meringankan gejala rinitis alergi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi probiotik terhadap rinitis alergi dilihat dari kadar interleukin 4 (IL4). Penelitian ini menggunakan 24 tikus putih jantan galur wistar menggunakan penelitian post test only control group design yang dibagi menjadi 4 kelompok, K1 diberikan pakan standar, K2 diberikan diet pakan standar dan ovalbumin sebagai alergen, K3 diberikan pakan standar, ovalbumin dan cetirizine serta kelompok K4 diberikan pakan standard, ovalbumin dan probiotik. Keempat kelompok tersebut dilakukan perlakuan selama 34 hari kemudian diperiksa kadar interleukin 4 (IL4) dengan ELISA. Rerata interleukin 4 (IL4) pada K1 74,88  0.84 pg/mL, K2 148,85  2,13 pg/mL, K3 93,45  3.23 pg/mL, dan K4 didapatkan 87,73  2.96pg/mL. Pada uji normalitas ditemukan hasil (p>0,05) berarti data normal, dan pada uji homogenitas ditemukan (p<0,05) yang artinya data tidak homogen sehingga dilakukan uji nonparametrik krustal wallis ditemukan hasil 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat perbedaan bermakna antar kelompok,. Pemberian kombinasi probiotik berpengaruh terhadap penurunan kadar interleukin 4 pada tikus jantan galur wistar yang di induksi oleh ovalbumin Kata kunci : Lactobacillus acidophillus, Lactobacillus casei, Lactobacillus Salivarius, Bifidobacterium lactis, Lactococcus lactis, Krustal wallis, ELISA (Enzym linked immunoassay)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:59
Last Modified: 24 Oct 2023 05:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32376

Actions (login required)

View Item View Item