HUBUNGAN ADIKSI INTERNET DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG ANGKATAN 2016-2022

YUNANTA, YOGA ADI (2023) HUBUNGAN ADIKSI INTERNET DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG ANGKATAN 2016-2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
30101607756_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lebih dari 95,2 juta pengguna internet di Indonesia, angka tersebut akan terus bertambah seiring dengan percepatan tekonologi digital saat ini. Tentu hal ini membuat angka adiksi internet juga dikhawatirkan akan meningkat, apalagi remaja merupakan fase dimana seseorang mencoba mencari jati diri dan bersenang senang. Remaja di Jakarta, sekitar 14% diantaranya mengalami adiksi internet. Perilaku adiksi internet bisa dengan mudah diamati pada sebagian besar mahasiswa di FK UNISSULA Semarang, dimana mahasiswa merupakan remaja dan dewasa muda yang tergolong dalam kelompok rentan dengan adiksi internet tersebut. Mahasiswa kedokteran harus mampu memahami ilmu kedoteran dan menguasai aspek aspek keterampilan kliniknya. Tolak ukurnya ialah nilai indeks prestasi akademik yang telah memenuhi kriteria standar kompetensinya selama berkuliah sebagai mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan adiksi internet dengan IPK mahasiswa yang berkuliah di FK UNISSULA Semarang. Penelitian observasional dengan studi pendekatan cross sectional, dengan teknik sampling menggubakan simple random sampling. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa FK UNISSULA yang menggunakan internet dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Peneliti menggunakan Kuesioner Diagnostik Adiksi Internet sebagai alat kuesioner untuk mendapatkan data primer dan data sekunder diambil dari IPK responden yang didapat dari bagian akademik FK UNISSULA Semarang. Analisis yang digunakan meliputi analisis univariat dan bivariat menggunakan korelasi uji Spearmen. Hasil penelitian ini didapatkan data angkatan responden terbanyak pada angkatan tahun 2022 sebanyak 31 orang (34,4%), mayoritas adiksi internet responden pada kategori normal sebanyak 58 orang (64,4%), dan paling banyak responden memiliki IPK memuaskan yaitu sebanyak 40 orang (44,4%), sebanyak 68 orang perempuan (75,5 %) dan 22 orang laki laki (24,5%). Hasil uji bivariat didapatkan p-value sebesar 0,000 < 0,05 yang memiliki arti ada hubungan antar variabel adiksi internet dengan indeks prestasi kumulatif. Nilai rho (r) sebesar 0,683 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara variabel adiksi internet dengan indeks prestasi kumulatif. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan antara variabel adiksi internet dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Kata Kunci : Adiksi, Internet, IPK, Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:38
Last Modified: 26 Oct 2023 03:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32374

Actions (login required)

View Item View Item