PERBEDAAN KUALITAS HIDUP PASIEN KARSINOMA NASOFARING DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG Studi Analitik Observasional Ditinjau dari Usia, Jenis Kelamin, dan Stadium Kanker

Fitrianisa, Nadya (2023) PERBEDAAN KUALITAS HIDUP PASIEN KARSINOMA NASOFARING DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG Studi Analitik Observasional Ditinjau dari Usia, Jenis Kelamin, dan Stadium Kanker. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
30101700123_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Karsinoma nasofaring termasuk keganasan tumor head and neck berjenis skuamosa sel terletak di nasofaring. Di Indonesia KNF merupakan kanker terganas urutan ke-4 dan dianggap salah satu tumor paling ganas dengan mortalitas dan morbiditas tinggi. Tujuan penelitian ini melihat perbedaan kualitas hidup pada pasien KNF dengan karakteristik (usia, jenis kelamin, dan stadium kanker) tumor nasofaring. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan observasional analitik melalui desain cross sectional. Alat ukur berupa kuesioner EORTC QLQ C30 dan EORTC QLQ H&N35 digunakan mengukur kualitas hidup pasien KNF di RSI Sultan Agung Semarang. Analisis penelitian ini dengan uji regresi logistik biner. Hasil penelitian pasien KNF menurut karakteristik di RSI Sultan Agung Semarang berdasarkan 13 responden persentase terbanyak pada pasien laki-laki 61,54% (8 orang), usia  45 tahun sebesar 61,54% (8 orang), serta stadium kanker terbagi menjadi 46,15% (6 orang) dan 53,85% (7 orang) pada stadium dini dan stadium lanjut. Hasil Uji Wald tidak ada perbedaan secara signifikan kualitas hidup pasien KNF di RSI Sultan Agung Semarang dengan masing-masing nilai sig. variabel bebas yaitu usia (p=0,187), jenis kelamin (p=0,227), serta stadium kanker (p=0,558). Variabel independen yang paling mempengaruhi tingkat kualitas hidup pasien KNF yaitu jenis kelamin dengan nilai Exp(B)=5,394. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan kualitas hidup pada pasien KNF dengan karakteristik (usia, jenis kelamin, dan stadium kanker) tumor nasofaring. Kata kunci: Kualitas Hidup, KNF, Usia, Jenis Kelamin, Stadium Kanker.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:27
Last Modified: 03 Apr 2024 03:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32373

Actions (login required)

View Item View Item