HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEPESERTAAN VAKSINASI BOOSTER COVID-19 (Studi Observasional Analitik di Kelurahan Noborejo Wilayah Kerja Puskesmas Cebongan Kota Salatiga Jawa Tengah)

Ambarwati, Dyah Wahyu (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEPESERTAAN VAKSINASI BOOSTER COVID-19 (Studi Observasional Analitik di Kelurahan Noborejo Wilayah Kerja Puskesmas Cebongan Kota Salatiga Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
30101800051_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah melakukan berbagai cara untuk memutuskan rantai penularan COVID-19, salah satunya dengan program vaksinasi booster. Vaksin booster bertujuan untuk meningkatkan kadar antibody yang menurun setelah beberapa bulan pemberian vaksin dosis ke-2. Data capaian vaksin booster di Jawa Tengah pada bulan Juli 2022 sebanyak 23,36%. Penelitian ini bertujuan memahami keterkaitan antara tingkat pengetahuan masyarakat mengenai vaksin booster dengan kepesertaan vaksin booster COVID-19 di Kelurahan Noborejo wilayah kerja Puskesmas Cebongan. Penelitian dilakukan secara observasional analitik dengan desain cross sectional, pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Subjek penelitian adalah masyarakat berusia ≥18 tahun di Kelurahan Noborejo wilayah kerja Puskesmas Cebongan pada bulan Januari 2023. Besar sampel penelitian ini sebanyak 100 sample dengan metode analisa chi square dan koefisien kontingensi. Penelitian ini diperoleh bahwa dari 100 responden, 64 responden belum vaksin booster COVID-19 sementara 36 responden telah vaksin booster COVID-19. Uji chi square diketahui bahwa tingkat pengetahuan masyarakat tentang vaksin booster COVID-19 memiliki hubungan dengan kepesertaan vaksin booster COVID-19 (p = 0,001 < 0,05). Hasil koefisien kontingensi sebanyak 0,317 menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara tingkat pengetahuan tentang vaksin booster dengan kepesertaan vaksin booster COVID-19 adalah rendah. Kesimpulan penelitian ini diketahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang vaksin booster COVID-19 berhubungan dengan kepesertaan vaksin booster COVID-19 di Kelurahan Noborejo wilayah kerja Puskesmas Cebongan, Kota Salatiga. Kata Kunci : Pengetahuan, COVID-19, Vaksin booster, Kepesertaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:26
Last Modified: 25 Oct 2023 07:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32369

Actions (login required)

View Item View Item