PERBEDAAN NILAI MCQ DAN OSCE SEBELUM DAN SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE ERA PANDEMI COVID -19 (Studi Observasi Analitik pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Bagian Anestesi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung)

Syauqi, Laely Nur Habibah (2023) PERBEDAAN NILAI MCQ DAN OSCE SEBELUM DAN SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE ERA PANDEMI COVID -19 (Studi Observasi Analitik pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Bagian Anestesi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
30101800092_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran online merupakan sistem pembelajaran kedokteran di era pandemi COVID-19. Kebijakan akademik ini merupakan instruksi dari pemerintah untuk mencegah tersebarnya virus COVID-19 akibat dari kebijakan tersebut pembelajaran kepaniteraan klinik yang mengacu terhadap patient centered mengalami kendala dan kesulitan. Hal ini dapat berdampak terhadap kualitas mahasiswa yang dapat diukur melalui nilai MCQ dan OSCE. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan nilai MCQ dan OSCE mahasiswa sebelum dan selama pembelajaran Online era pandemi COVID-19 pada mahasiswa kepaniteraan Klinik bagian Anestesi di FK UNISSULA. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian yaitu Mahasiswa Bagian Anestesi Kepaniteraan Klinik FK Unissula periode 2018-2019 dan 2020-2021 FK Unissula periode 2018-2019 dan 2020-2021. Metode sampling yang digunakan adalah total sampling yaitu semua mahasiswa bagian Anestesi kepaniteraan klinik FK Unissula periode 2018-2019 (sebelum pandemi/Offline) dan 2020-2021 (selama pandemi/Online) yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi sebanyak 359 mahasiswa, terdiri dari 187 mahasiswa offline dan 172 mahasiswa online. Instrumen penelitian yang digunakan berupa daftar nilai MCQ dan OSCE mahasiswa bagian anestesi. Data dianalisis menggunakan uji statistic independent sample t-test dan uji Mann Whitney menggunakan software SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test dan Mann Whitney didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05) untuk variabel OSCE dan nilai p=0,174 (p>0,05) untuk variabel MCQ. Rerata nilai OSCE sebelum pembelajaran online lebih rendah (67,75 ± 0,65) dan berbeda bermakna dari nilai OSCE mahasiswa selama pembelajaran online era-pandemi COVID-19 yakni 73,84 ± 0,71. Nilai MCQ sebelum dan selama embelajaran online tidak terdapat perbedaan bermakna, masing-masing 70,74 ± 0,79 dan 72,19 ± 0,54. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai ujian OSCE dan tidak ada perbedaan nilai MCQ mahasiswa kepanitraan klinik bagian Anastesi FK Unissula sebelum dan selama pembelajran online. Kata Kunci: Pembelajaran, MCQ, OSCE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:26
Last Modified: 03 Apr 2024 03:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32368

Actions (login required)

View Item View Item