ANALISIS YURIDIS TERHADAP AKTA PERDAMAIAN YANG DIBUAT DI HADAPAN NOTARIS DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA PERDATA DI LUAR PENGADILAN (Studi kasus penyelesaian sengketa utang-piutang melalui akta perdamaian pada kantor notaris di Kabupaten Rembang)

ZAENUDIN, AHMAD (2023) ANALISIS YURIDIS TERHADAP AKTA PERDAMAIAN YANG DIBUAT DI HADAPAN NOTARIS DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA PERDATA DI LUAR PENGADILAN (Studi kasus penyelesaian sengketa utang-piutang melalui akta perdamaian pada kantor notaris di Kabupaten Rembang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Kenotariatan_21302100104_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Kenotariatan_21302100104_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Penelitian memfokuskan secara signifikan serta mengupas dan membahas agar dapat menganalisis sehingga dapat mengetahui mengenai peran dan tanggung jawab notaris dalam penyelesaian sengketa dengan perdamaian. dalam hal ini tanggung jawab seorang notaris tidak bertanggung jawab atas isi akta yang dibuat di hadapannya, melainkan notaris hanya bertanggung jawab terhadap bentuk formal akta autentik sebagaimana yang ditetapkan oleh Undang-Undang. Penelitian hukum ini juga bertujuan untuk mengetahui Peranan Notaris dalam penyelesaian dengan perdamaian diluar pengadilan, tanggung jawab notaris dalam penyelesaian sengketa terhadap akta perdamaian yang dibuat didepan notaris dan menganalisis penelitian kekuatan hukum terhadap akta perdamaian yang dibuat di depan notaris. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yuridis sosiologis dengan pendekatan studi wawancara, observasi langsung terhadap beberapa notaris yang ahli di bidangnya, serta melihat peraturan perundang-undangan yang berlaku (statute approach) yang membahas tentang jabatan notaris, dan pendekatan kasus (case approach) . Bahan hukum yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah bahan hukum primer dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi wawancara, dan observasi langsung di lapangan. Kata Kunci : Notaris, Akta Perdamaian, Tanggung jawab Notaris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:56
Last Modified: 24 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32363

Actions (login required)

View Item View Item