Hubungan Derajat Keparahan Psoriasis dengan Kualitas Hidup Pasien Psoriasis (Studi Observasi Analitik Pada Pasien Psoriasis di Poli Kulit Kelamin di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Saputro, Aqilah Syarfi (2023) Hubungan Derajat Keparahan Psoriasis dengan Kualitas Hidup Pasien Psoriasis (Studi Observasi Analitik Pada Pasien Psoriasis di Poli Kulit Kelamin di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
30101900029_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Psoriasis adalah penyakit inflamasi (peradangan) kulit yang sifatnya kronis yang dipengaruhi dengan faktor predisposisi genetik dan sifat pathogen autoimun. Penderita psoriasis biasanya merasa terganggu akibat lesi yang tidak akan pernah hilang sehingga mengganggu penampilan pada kulitnya. Hal tersebut yang menjadi aspek bahwa psoriasis dapat berpengaruh terhadap penurunan kualitas hidup pasien psoriasis. Kualitas hidup adalah persepsi seseorang atau individu tentang keberadaan mereka atau apa yang mereka rasakan dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan tujuan, harapan, standar, dan kekhawatiran mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara derajat keparahan penyakit psoriasis terhadap kualitas hidup pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling dengan mengambil pasien psoriasis sejumlah 29 pasien sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Data sampel yang telah terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 22 (71%) responden dengan tingkat keparahan ringan, 6 (19,4%) responden dengan tingkat keparahan sedang, dan 3 (9,7%) responden dengan tingkat keparahan tinggi. Hasil penelitian mengenai kualitas hidup menunjukkan bahwa terdapat 4 (12,9%) responden yang berpengaruh ringan terhadap kehidupan, 10 (32,3%) responden yang berpengaruh sedang terhadap kehidupan, 14 (45,2%) responden yang berpengaruh berat terhadap kehidupan, dan 3 (9,7%) responden yang berpengaruh sangat berat terhadap kehidupan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan (p = 0,002 atau p < 0,05) dan nilai kekuatan (r = 0,539) antara derajat keparahan pasien dan kualitas hidup pasien psoriasis di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kata kunci : psoriasis, kualitas hidup, PASI, DLQI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:25
Last Modified: 03 Apr 2024 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32353

Actions (login required)

View Item View Item