TINJAUAN YURIDIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN MAGANG BAGI ANGGOTA LUAR BIASA GUNA MELAHIRKAN NOTARIS PROFESIONAL DI KOTA SEMARANG

OKTAVIANTO, HERI (2023) TINJAUAN YURIDIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN MAGANG BAGI ANGGOTA LUAR BIASA GUNA MELAHIRKAN NOTARIS PROFESIONAL DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Kenotariatan_21302100100_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Kenotariatan_21302100100_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)

Abstract

Pelaksanaan magang bagi Notaris sangat penting, hal ini guna meningkatkan keterampilan bagi calon notaris, namun demikian pada kenyataannya kesadaran para calon Notaris belum terlaksana dengan efektif, hal ini dikarenakan prakmatisme calon Notaris yang ingin untuk seger berpraktek sehingga tidak jarang, magang yang dilakukan tidak sesuai waktu yang di tetapkan oleh aturan yang ada. Metode dalam penulisan ini ialah deskriptif analitis. Berdasarkan data yang ada ditemukan fakta bahwa Pada kenyataannya efektifitas perpanjangan masa magang adalah 12 (dua belas) bulan menjadi 24 (dua puluh empat) bulan tergantung dari niat pada diri calon notaris yang magang itu sendiri. Beberapa notaris mengalami kesulitan dan mengalami kebingungan saat membuka kantor meskipun telah menjalani masa magang selama 24 (dua puluh empat) bulan, hal ini dikarenakan tidak memanfaatkan waktu dan tidak menjalani kegiatan magang dengan benar.Tidak adanya pedoman pelaksanaan magang dan tidak adanya program-program yang harus dijalani selama magang menjadikan efektivitas magang kembali pada diri masing-masing calon notaris yang magang. Sheingga dapat dikatakan bahwa ketidak efektifan pelaksanaan magang Notaris telah mengakibatkan kurangnya pengalaman dan sekaligus mengakibatkan kurangnya kualitas Notaris dalam menjalankan fungsi dan tugasnya di masyarakat khusunya di daerah Kota Semarang. Tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan kajian yang dilakukan dapat dipahami bahwa efektivitas pelaksanaan magang bagi Anggota Luar Biasa dalam melahirkan notaris profesional di Kota Semarang saat ini belum mampu terwujud dengan baik, hal demikian ditunjukan dengan sebagian besar Anggota Luar Biasa yang memiliki surat pernyatan telah melakukan magang namun pada kenyataannya belum melakukan magang. Kedudukan magang bagi Anggota Luar Biasa untuk menjadi Notaris berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang perubahan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris sangat penting hal ini sesuai dengan Pasal 2 Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor: 24/Perkum/Ini/2021 Tentang Magang. Kata Kunci: (Efektivitas Magang, Notaris, Yuridis)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:25
Last Modified: 25 Oct 2023 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32352

Actions (login required)

View Item View Item