HUBUNGAN ANTARA PERSALINAN SECTIO CAESAREA (SC) DAN KEJADIAN HIPOGLIKEMIA PADA NEONATUS (Studi Observasional Analitik pada Bayi Baru Lahir di Rumah Sakit Islam Sultan Agung)

Hamida, Ayunda Wanda (2023) HUBUNGAN ANTARA PERSALINAN SECTIO CAESAREA (SC) DAN KEJADIAN HIPOGLIKEMIA PADA NEONATUS (Studi Observasional Analitik pada Bayi Baru Lahir di Rumah Sakit Islam Sultan Agung). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
30101900040_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah umum yang ditemui pada bayi baru lahir adalah terjadinya hipoglikemia. hipoglikemia neonatus merupakan keadaan kadar gula darah bayi baru lahir <47mg/dL (2,61 mmol/L). Persalinan sectio casarea memiliki komplikasi menimbulkan hipoglikemia pada bayi yang baru lahir, disebabkan karena keterlambatan Inisiasi menyusui dini dikarenakan efek sedasi pada ibu pasca operasi Sectio Caesarea (SC). Inisiasi menyusui dini yang terlambat menyebabkan rendahnya kadar gula pada neonatus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara cara persalinan Sectio Caesarea (SC) dan terjadinya hipoglikemia pada neonatus di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Data yang digunakan menggunakan data sekunder berupa rekam medis sebanyak 61 bayi. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data sampel sebanyak 61 bayi di analisis pada kadar gula darahnya, apabila <47 mg/dl maka disebut hipoglikemia, dan >47mg/dL maka disebut kadar gula normal. Hasil pengukuran 61 data sampel menunjukkan terdapat 16 neonatus yang mengalami hipoglikemia (GDS ≤ 47 mg/dl) dengan persentase 26,3% dan 14 neonatus dengan kadar gula normal (GDS > 47 mg/dl) dengan persentase 22,9% pada cara persalinan sectio caesarea. Sebanyak 5 neonatus mengalami hipoglikemia dan 26 neonatus dengan kadar gula normal dengan cara persalinan spontan. Uji analisis Koefisien Kontingensi mendapatkan (p-value=0.002) dan hasil koefisien korelasi (r=0.365) menunjukkan korelasi positif yang berarti kedua variable berkorelasi searah (semakin banyak cara persalinan sectio caesarea dilakukan maka kejadian hipoglikemia semakin meningkat) dengan kekuatan korelasi lemah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang bermakna antara cara persalinan sectio caesarea dengan terjadinya hipoglikemia pada neonatus. KATA KUNCI : Hipoglikemia, Neonatus, Sectio Caesarea

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:06
Last Modified: 25 Oct 2023 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32323

Actions (login required)

View Item View Item