PERBEDAAN METODE INDUKSI ATEROSKLEROSIS TERHADAP KADAR SUPEROXIDE DISMUTASE Studi Eksperimen pada Tikus Jantan Galur Wistar (Rattus Norvegicus)

Cahyani, Gita Imania (2023) PERBEDAAN METODE INDUKSI ATEROSKLEROSIS TERHADAP KADAR SUPEROXIDE DISMUTASE Studi Eksperimen pada Tikus Jantan Galur Wistar (Rattus Norvegicus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
30101900088_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aterosklerosis merupakan suatu kondisi terjadinya pengerasan dan penyempitan arteri secara progresif akibat timbunan lemak dengan disertai peradangan. Aterosklerosis sangat dipengaruhi kadar kolesterol, merokok, hipertensi, diabetes mellitus, obesitas, dan kurang aktivitas fisik yang merupakan sumber radikal bebas dalam tubuh. Superoxide Dismutase (SOD) merupakan antioksidan yang berperan dalam mengkatalisis radikal bebas di dalam tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dari metode induksi aterosklerosis terhadap kadar Superoxide Dismutase pada tikus jantan galur wistar. Penelitian studi eksperimental dengan rancangan Post Test Control Group Design menggunakan tikus sebagai hewan coba. Tikus yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 24 ekor yang dibagi menjadi 4 kelompok penelitian terdiri dari K(-) diberikan pakan standar dan air minum ad libitum, K(1) diberikan injeksi adrenalin disertai diet tinggi lemak, K(2) diberikan paparan asap rokok, K(3) diberikan kombinasi metode induksi aterosklerosis. Penelitian dilakukan di PSPG UGM pada Agustus - September 2021. Pengujian dengan metode uji Anova setelah itu dilanjut dengan Post Hoc LSD untuk mengetahui perbedaan antar kelompok menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian didapatkan rerata pada kelompok kontrol negatif K(-) : 79,41±4,15%, K1: 39,70±2,08%, K2: 45,34±2,53%, K3: 35,29±4,26%. Hasil analisis uji Anova didapatkan p<0,05. Data dilanjutkan untuk analisis uji Post Hoc, didapatkan hasil yaitu terdapat perbedaan bermakna pada seluruh kelompok penelitian dengan nilai p>0,05. Kesimpulan penelitian secara statistik membuktikan bahwa terdapat perbedaan metode induksi aterosklerosis terhadap kadar Superoxide Dismutase (SOD) pada tikus jantan galur wistar. Kata kunci: Superoxide Dismutase, Antioksidan, Radikal Bebas, Aterosklerosis, SOD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:38
Last Modified: 03 Apr 2024 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32307

Actions (login required)

View Item View Item