FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN (Studi Observasional pada Anak Usia 3-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Boja 1 Kabupaten Kendal)

Rafitra, Gizka Restianindya (2023) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN (Studi Observasional pada Anak Usia 3-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Boja 1 Kabupaten Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
30101900089_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Stunting adalah suatu keadaan tinggi badan (TB) tidak sesuai dengan umur. Seseorang dikatakan stunting bila skor Z-indeks TB/U- nya di bawah -2 SD (standar deviasi). Stunting disebabkan oleh karena masalah kekurangan gizi yang berawal dari masalah ekonomi, lingkungan, pekerjaan orang tua, dan budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor yang berhubungan dengan kejadian stunting pada anak usia 3-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Boja 1 Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan case control. Ibu dan anak umur 3- 5 tahun di wilayah Puskesmas Boja I pada periode Juni 2022-Desember 2022 berjumlah 419 anak, dengan jumlah sampel sebanyak 74 responden, yang terbagi atas 37 kelompok case dan 37 kelompok control. Penelitian ini menggunakan Teknik probability sampling yaitu dengan metode simple ramdom sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat (distribufi frekuensi), analisis bivariat (uji chi square) dan analisis multivariat (uji regresi logistik). Hasil uji statistic regresi logistic diperoleh nilai Exp (B) sebesar 9.498 dengan nilai 95% C.I= 2.002-45.071, hal tersebut dapat diartikan bahwa anak dengan riwayat sakit memiliki peluang 9 kali terkena stunting dibandingkan dengan anak tanpa riwayat sakit. Dari penelitian yang sudah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status ekonomi, Pendidikan terakhir orang tua, Riwayat ASI Eksklusif, pengasuhan anak dan penyakit yang pernah diderita balita dengan kejadian stunting. Variabel yang paling erat hubungannya dengan kejadian stunting pada anak adalah faktor riwayat penyakit yang pernah diderita anak. Kata Kunci : Stunting, Balita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:38
Last Modified: 23 Oct 2023 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32305

Actions (login required)

View Item View Item