PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN KEMANGI (Ocimum sanctum L.) TERHADAP EKSPRESI PROTEIN BCL-2 PADA SEL HELA (SEL KANKER SERVIKS)

Meuthiane, Heaven (2023) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN KEMANGI (Ocimum sanctum L.) TERHADAP EKSPRESI PROTEIN BCL-2 PADA SEL HELA (SEL KANKER SERVIKS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
30101900095_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kanker serviks mempunyai angka mortalitas kanker yang tinggi. Pengobatan secara medis sudah banyak diupayakan, namun hingga kini masih banyak terjadi efek samping. Eksplorasi tumbuhan herbal yakni salah satu pendekatan dalam pengembangan obat-obatan herbal salah satunya yaitu daun kemangi. Pemberian ekstrak etanol daun kemangi dapat menyebabkan apoptosis dengan memodulasi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap ekspresi Bcl-2, p53 dan caspase. Kandungan flavonoid dapat menghambat dari kerja DNA topoisomerase yang mengatur replikasi DNA dalam sel, memodulasi signalling pathways, menurunkan ekspresi gen Bcl-2, Bcl-Xl dan meningkatkan ekspresi gen Bax dan Bak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol daun kemangi berpengaruh terhadap ekspresi Bcl-2 pada sel HeLa. Penelitian eksperimental dengan rancangan Posttest-Only Control Group Design ini menggunakan sel Hela. Pengamatan ekspresi Bcl-2 pada sel HeLa dilakukan dengan menggunakan metode pengecatan imunositokimia. Aktivitas sitotoksik ekstrak etanol daun kemangi dinyatakan dengan nilai IC50 yang didapatkan melalui penelitian kelompok bersama dan diperoleh nilai IC50 52,94 µg/ml. Dosis yang digunakan dalam penelitin ini adalah dosis IC50 (52,94 µg/ml) dan dosis ½ IC50 (26,47 µg/ml). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok yang mendapatkan ekstrak etanol daun kemangi dosis 26,47 µg/ml atau ½ dosis IC50 dan yang mendapatkan dosis ekstrak etanol daun kemangi dosis 52,94 µg/ml akan mengekspresikan Bcl-2 dengan persentase lebih tinggi daripada kelompok kontrol negatif. Berdasarkan hasil ekspresi Bcl-2 Ekstrak etanol daun kemangi dengan dosis 52,94 µg/ml dan 26,47 µg/ml berpengaruh terhadap ekspresi protein Bcl-2 pada sel Hela (sel kanker serviks). Kata Kunci: Ekspresi Bcl-2, Ekstrak Etanol Daun Kemangi, Sel He

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:38
Last Modified: 23 Oct 2023 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32303

Actions (login required)

View Item View Item