HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DINI DENGAN STATUS GIZI (Studi Observasi pada Bayi Usia 6-24 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pegandan Semarang)

NUZUL, IMMA HIKMATUN (2023) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DINI DENGAN STATUS GIZI (Studi Observasi pada Bayi Usia 6-24 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pegandan Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
30101900099_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) merupakan makanan atau minuman tambahan yang mengandug zat gizi, diberikan kepada bayi atau anak usia 6-24 bulan untuk memenuhi kebutuhan gizi selain dari ASI. Kekurangan gizi pada bayi akan menimbulkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan, apabila tidak diatasi secara dini dapat berlanjut hingga dewasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dini dengan status gizi bayi usia 6-24 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pegandan Semarang. Penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional, ini dilakukan pada ibu yang mempunyai bayi usia 6-24 bulan sebanyak 75 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, pengumpulan data dengan dengan membagikan kuesioner kepada ibu yang mempunyai bayi usia 6-24 bulan di wilayah kerja puskesmas Pegandan Semarang, kemudian untuk data berat badan dan tinggi badan bayi diukur langsung. Metode analisis statistik dengan uji Spearman rho. Dari penelitian ini ditemukan bahwa dari 75 sampel, 35 % ibu memberikan MP-ASI dini, dan didapatkan data bayi 15 % berstatus gizi buruk, 8 % gizi kurang, dan 23 % gizi lebih. Analisis uji Spearman rho p value <0,05 (0,000) menunjukkan adanya hubungan antara pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dini dengan status gizi, serta diperoleh nilai r sebesar 0,709 dengan keeratan hubungan kuat. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dini dengan status gizi pada bayi usia 6-24 bulan di Wilayah Puskesmas Pegandan Semarang. Kata kunci : MP ASI Dini, Status Gizi, ASI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:38
Last Modified: 23 Oct 2023 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32302

Actions (login required)

View Item View Item