PENGARUH EKSTRAK SAMBILOTO (Andrographis paniculata Nees.) TERHADAP KADAR GAMMA GLUTAMIL TRANSFERASE (GGT) Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang Diinduksi Parasetamol

Hidayah, Luthfiyana Nur (2023) PENGARUH EKSTRAK SAMBILOTO (Andrographis paniculata Nees.) TERHADAP KADAR GAMMA GLUTAMIL TRANSFERASE (GGT) Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang Diinduksi Parasetamol. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
30101900114_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Drug-Induced Liver Injury (DILI) didefinisikan sebagai kerusakan hati yang disebabkan oleh obat-obatan yang melebihi dosis normal. Dosis toksik parasetamol dapat mengakibatkan peningkatan NAPQI dan memicu peningkatan ROS. Kondisi NAPQI yang tinggi akan menyebabkan nekrosis sel yang memicu peningkatan kadar GGT dalam serum. Peningkatan kadar GGT dapat dicegah dengan flavonoid dan andrograpolid yang terkandung pada sambiloto (Andrographis paniculata Nees.). Tujuan studi adalah mengetahui pengaruh ekstrak sambiloto terhadap kadar GGT pada tikus putih jantan galur wistar yang diinduksi parasetamol. Penelitian eksperimental post test control groups design, menggunakan hewan uji 30 tikus putih jantan jalur wistar yang dibagi menjadi 5 kelompok secara acak. K1 (kontrol normal), K2 (parasetamol 1000mg/kgBB), K3 (ekstrak sambiloto 100mg/kgBB), K4 (ekstrak sambiloto 200mg/kgBB), dan K5 (ekstrak sambiloto 300mg/kgBB). Tikus diaklimatisasi selama 7 hari, kemudian dirandomisasi. Pemberian parasetamol dosis toksik di hari ke-8 dengan cara diberikan dua kali dengan jeda 16 jam dan dilanjutkan dengan pemberian ekstrak sambiloto selama 7 hari. Pengecekan kadar GGT setiap kelompok dilakukan di hari ke-16 metode spektrofotometri. Rerata kadar GGT tertinggi terdapat pada kelompok K2 yaitu 21,2 U/L sedangkan yang terendah pada kelompok K1 yaitu 11,49 U/L. Pada uji One Way Anova didapatkan p = 0,000 (p<0,05), dilanjutkan uji Post Hoc LSD didapatkan hasil p<0,05, yang artinya terdapat perbedaan bermakna kadar GGT yang signifikan. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh ekstrak sambiloto terhadap kadar GGT pada tikus putih jantan galur wistar yang diinduksi parasetamol. Kata kunci : GGT, Sambiloto, Parasetamol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:05
Last Modified: 25 Oct 2023 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32298

Actions (login required)

View Item View Item