PENGARUH AIR KELAPA MUDA (COCOS NUCIFERA L.) TERHADAP KADAR SUPEROXIDE DISMUTASE (SOD) (Studi Eksperimen Pada Tikus Hamil (Rattus Norvegicus) Yang Dipapar Pestisida)

PUTRI, MAHARANI AULIA (2023) PENGARUH AIR KELAPA MUDA (COCOS NUCIFERA L.) TERHADAP KADAR SUPEROXIDE DISMUTASE (SOD) (Studi Eksperimen Pada Tikus Hamil (Rattus Norvegicus) Yang Dipapar Pestisida). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
30101900118_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pestisida adalah senyawa kimia atau gabungan dari beberapa bahan kimia yang digunakan untuk membunuh atau membasmi hama (organisme). Dalam dunia yang ideal, pestisida hanya akan menjadi racun bagi organisme yang dimaksudkan untuk dibunuh, yaitu hama. Namun, pada kenyataannya, sebagian besar tingkat toksisitas bahan aktif tidak cukup spesifik sehingga membahayakan kesehatan manusia. Diketahui bahwa kandungan vitamin C dan L-arginine pada air kelapa muda meningkatkan aktivitas antioksidan tubuh sehingga dapat mencegah stres oksidatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh air kelapa muda terhadap kadar superoksida dismutase (SOD) pada tikus hamil yang terpapar pestisida. Penelitian eksperimental ini menggunakan 24 ekor tikus bunting yang menggunakan desain post-test only control group design. Tikus dibagi menjadi empat kelompok yaitu kelompok kontrol, kelompok yang dipapar pestisida, kelompok yang dipapar pestisida dan vitamin E, dan kelompok yang dipapar pestisida dengan pemberian air kelapa muda. Sebelum percobaan, mencit menjalani masa aklimatisasi selama tujuh hari. Setelah masa pengobatan selama 14 hari, metode ELISA digunakan untuk mengukur kadar SOD. Rerata kadar SOD pada K.I (81,24 ± 3,34%; K.II (32,43 ± 4,13%); K.III (63,68 ± 3,32%); dan K.IV (70,53 ± 4,33%). Analisa data didapatkan data terdistribusi normal dan homogen, dilanjutkan dengan analisa metode One Way Anova menunjukan terdapat perbedaan yang bermakna rerata pada setiap kelompok. Uji Post Hoc LSD didapatkan bahwa terdapat perbedaan secara bermakna antar kelompok (p<0,05). Pemberian air kelapa muda berpengaruh terhadap kadar SOD tikus hamil yang dipapar pestisida. Kata Kunci: Pestisida;SOD;Air kelapa muda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:05
Last Modified: 25 Oct 2023 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32296

Actions (login required)

View Item View Item