KEBIJAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAKAN REHABILITASI ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (Studi Kasus Perkara Nomor 04/Pid.Sus-Anak/2021/PN.Clp)

Nuryati, Titiek (2023) KEBIJAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAKAN REHABILITASI ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (Studi Kasus Perkara Nomor 04/Pid.Sus-Anak/2021/PN.Clp). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100206_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100206_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)

Abstract

Salah satunya masalah yang dihadapi anak masalah bagi lingkungannya adalah aktivitas seksual yang nampak menjurus kepada hal - hal yang negatif. Hal tersebut dikatakan negatif karena para anak bersikap dan bertingkah laku yang menyimpang, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya berbagai macam perilaku seksual yang disalurkan secara salah. Setiap individu dilarang melakukan kekerasan seksual, kemudian bagi individu yang melakukannya akan mendapat sanksi berupa denda dan hukuman pidana bertahun-tahun. Untuk kebijakan terhadap tindakan rehabilitasi dalam penanganan perkara anak di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Cilacap, khususnya perkara Anak Nomor: 04/Pid.Sus-Anak/2021/PN.Clp; Untuk mengetahui, menelaah dan menganalisis pelaksanaan dan kendala tindakan rehabilitasi terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana kekerasan seksual dalam penanganan perkara anak di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Cilacap dan pembaharuan hukum pidana yang akan datang. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah yuridis normatif. Penelitian yuridis normatif adalah penelitian yang difokuskan untuk mengkaji penerapan kaidah - kaidah atau norma-norma dalam hukum positif. Berdasarkan hasil pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan mengenai kebijakan tindakan rehabilitasi diputuskan dalam penanganan perkara anak sebagai pelaku tindak pidana kekerasan seksual di wilayah hukum Pengadilan Negeri Cilacap, Perkara – perkara anak yang berhadapan dengan hukum di wilayah Pengadilan Negeri Cilacap yang dilakukan penanganan dengan pendekatan tindakan rehabilitasi, dan berbagai Pertimbangan – pertimbangan Hakim Anak dalam menentukan kebijakan tindakan rehabilitasi dengan menggunakan pendekatan keadilan restoratif dalam memutuskan perkara seperti kebijakan yang terbaik bagi masa depan anak. Kata Kunci : Restorative Justice, Anak, Kekerasan Seksual

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:24
Last Modified: 24 Oct 2023 02:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32218

Actions (login required)

View Item View Item