HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI DENGAN STATUS GIZI BALITA 6-24 BULAN ( Studi Observasi di Wilayah Puskesmas Wonosalam 2 Demak )

Azizah, Nur (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI DENGAN STATUS GIZI BALITA 6-24 BULAN ( Studi Observasi di Wilayah Puskesmas Wonosalam 2 Demak ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
30101900146_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Status gizi yang baik akan membantu proses perkembangan anak untuk mencapai tahap yang optimal, menghindarkan dari berbagai macam penyakit, dan meningkatkan ketahanan tubuh anak. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita 6-24 bulan. Metode penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan teknik sampel cluster sampling. Sampel penilitian yaitu ibu yang memiliki anak usia 6-24 bulan di wilayah Puskesmas Wonosalam 2 Demak, data didapatkan dari kuesioner yang dibagikan ke ibu. Pengetahuan dikatakan cukup dengan skor jawaban 56 - 100%, dan rendah dengan skor jawaban ≤ 56%. Data status gizi menggunakan indicator kurva WAZ, dikatakan gizi kurang dengan nilai 2 (< -3 sampai dengan -2 SD), gizi baik dengan nilai 1 (-2 sampai dengan > 2 SD). Hasil dari 98 responden menghasilkan hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita 6-24 bulan. Mayoritas sebanyak 62.2% memiliki tingkat pengetahuan cukup mengenai gizi dan sebanyak 76.5% status gizi balita baik. Kesimpulan penelitian ini, ter dapat hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita. Terdapat 6 Ibu memiliki pengetahuan rendah dengan status gizi kurang dan 5 ibu dengan pengetahuan rendah dengan status gizi baik. Ibu dengan pengetahuan cukup dan status gizi kurang 11 responden, 50 responden dengan status gizi baik. Responden dengan pengetahuan tinggi dengan status gizi kurang sebanyak 6, dan pengetahuan tinggi dengan status gizi baik sebanyak 20. Nilai signifikansi hubungan kedua variabel sebesar 0,031 (p<0,01). Kata Kunci: Tingkat pengetahuan, status gizi, gizi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:44
Last Modified: 23 Oct 2023 03:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32203

Actions (login required)

View Item View Item