HUBUNGAN MEROKOK DENGAN KEJADIAN KARSINOMA NASOFARING DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG (Studi Observasional Analitik di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Antristia, Sherly (2023) HUBUNGAN MEROKOK DENGAN KEJADIAN KARSINOMA NASOFARING DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG (Studi Observasional Analitik di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
30101900182_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Merokok merupakan faktor resiko paling sering kejadian karsinoma nasofaring. Kandungan rokok dapat menyebabkan kerusakan terhadap sel epitel, mutase genetik dan tumor sehingga menyebabkan KNF. Karsinoma nasofaring merupakan tumor ganas yang memiliki angka insiden dan angka kematian yang paling tinggi di Indonesia. Penulis tertarik untuk mengetahui hubungan antara merokok dengan kejadian KNF di RSI Sultan Agung Semarang. Penelitian ini merupaka penelitian dengan metode case-control yang di lakukan terhadap pasien pengidap karsinoma nasofaring (kasus) dan tidak karsinoma nasofaring (kontrol). Data diambil dari data sekunder yaitu rekam medis pasien untuk diagnosis karsinoma nasofaring sedangkan data merokok dilakukan dengan wawancara langsung. Analisis dengan IBM Statistic SPSS 26 digunakan untuk melakukan uji hipotesis dengan fisher exact dengan nilai p-value <0,05. Contingency coefficient digunakan untuk menilai dari keeratan hubungan. Pada penelitian ini total sampel yang digunakan yaitu 30 pasien serta terdapat 20 kasus pasien dan jumlah kontrol 10 pasien. Jumlah pasien pada kasus yang merokok adalah 43,3% sedangkan 23,3% pasien tidak merokok. Jumlah pasien pada kontrol yang merokok hanya 3,3% dibandinkan dengan yang tidak merokok sebanyak 30%. Hasil analisis didapatkan nilai p 0,007 (p<0.05) Kesimpulan penelitian didapatkan adanya hubungan antara merokok dengan kejadian KNF di RSI Sultan Agung dengan tingkat keeratan hubungan sedang. Kata kunci: Merokok, Karsinoma Nasofaring, Tumor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:30
Last Modified: 03 Apr 2024 03:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32193

Actions (login required)

View Item View Item