PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN KECACINGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP Studi Eksperimental terhadap Siswa SDN Seren Rembang tahun 2023

Tasyahuri, Syabila Aldiffah (2023) PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN KECACINGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP Studi Eksperimental terhadap Siswa SDN Seren Rembang tahun 2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
30101900186_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Morbiditas kecacingan yang tinggi bisa diturunkan dengan cara meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang kecacingan pada siswa SDN Seren Rembang dengan presentasi positif kecacingan 12,32% melalui edukasi kesehatan yaitu penyuluhan sebagai salah satu teknik untuk mencegah angka kesakitan kecacingan menggunakan media video yang berisikan pesan yang dirangkai dalam bentuk visual dan audio. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dengan Media video kecacingan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap SDN Seren Rembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pra Eksperimental dengan rancangan penelitian “pre-post test one group only”. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Total Sampling, dengan jumlah 37 siswa kelas V SDN Seren Rembang. Pengumpulan data dengan menggunakan 2 kuesioner yaitu pengetahuan dan sikap kecacingan yang diambil 1 kali dalam hari yang sama. Rerata pengetahuan siswa sebelum diberikan penyuluhan menggunakan media video yaitu 4,43 telah mengalami peningkatan menjadi 7,75, dan untuk sikap siswa mengalami peningkatan dari 30,43 menjadi 33,37. Hasil analisis dengan uji Paired sampel t-test didapatkan p = 0,000 (p<0,05) untuk pengetahuan dan untuk sikap didapatkan nilai p = 0,002 (p<0,05) . Kesimpulan penelitian secara statistic menyatakan bahwa terdapat terdapat pengaruh penyuluhan dengan Media video kecacingan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa SDN Seren Rembang. Kata Kunci: Media Video, Kecacingan, Pengetahuan, Sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:21
Last Modified: 03 Apr 2024 03:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32188

Actions (login required)

View Item View Item