PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA YANG MENYEBABKAN KORBAN MENINGGAL DUNIA (Study Putusan Nomor : 276/Pid.Sus/2021/PN. Spt)

AMALIA, RAHMI (2023) PENERAPAN SANKSI PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA YANG MENYEBABKAN KORBAN MENINGGAL DUNIA (Study Putusan Nomor : 276/Pid.Sus/2021/PN. Spt). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100191_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100191_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)

Abstract

Pokok permasalahan mengenai Penerapan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga yang menyebabkan korban meninggal dunia di Pengadilan Negeri Sampit, Dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga yang menyebabkan korban meninggal dunia di Pengadilan Negeri Sampit. Metode pendekatan yang digunakan dengan pendekatan yuridis sosiologis mengindentifikasi dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang rill dan fungsional dalam sistem kehidupan yang nyata dengan Teori Pemidanaan dan Teori Bekerjanya Hukum terhadap permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian penerapan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga yang menyebabkan korban meninggal dunia di Pengadilan Negeri Sampit berdasarkan fakta-fakta terungkap dalam persidangan baik keterangan saksi-saksi, keterangan terdakwa, surat, barang bukti dan Keterangan Terdakwa dimana satu dengan lainnya saling berhubungan dan bersesuaian terdakwa dijatuhi pidana penjara selama 3 (tiga) Tahun. Dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana pelaku tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga yang menyebabkan korban meninggal dunia di Pengadilan Negeri Sampit semua unsur-unsur Pasal 44 ayat (3) Undang-undang RI Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga telah terpenuhi. Pertimbangan Non Yuridis: keadaan-keadaan yang memberatkan dan meringankan. Kata Kunci : Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Putusan, Korban

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:15
Last Modified: 20 Oct 2023 07:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32178

Actions (login required)

View Item View Item