ANALISIS DISPARITAS PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN DI PENGADILAN NEGERI SUMBER KABUPATEN CIREBON

ERFIANA, PIPIN (2023) ANALISIS DISPARITAS PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN DI PENGADILAN NEGERI SUMBER KABUPATEN CIREBON. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100189_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100189_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)

Abstract

Disparitas pidana muncul karena adanya penjatuhan hukuman yang berbedaterhadap tindak pidana yang sejenis. Penjatuhan pidana ini tentunya adalah hukuman yang dijatuhkan oleh hakim terhadap pelaku tindak pidana sehingga hakim dalam hal memutuskan pemidanaan, tidak lepas dari hal disparitas. Tujuan dari penelitian ini adalahUntuk mengkaji dan menganalisis disparitas-disparitas Putusan Hakim terhadap pelaku tindakpidana pencurian dengan pemberatan Pada Putusan Nomor 81/Pid.B/2021/PN Sbr dan Untuk mengkaji dan menganalisis pertimbangan hakim terhadap terjadinya putusandisparitas pidana terhadap pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan Pada Putusan Perkara Nomor 81/Pid.B/2021/PN Sbr. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Yuridis Sosiologis, spesifikasi dalam penelitian ini bersifat deskriftif analistis, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, menggunakan pengumpulan data dengan wawancara dan studi kepustakaan, analisis data secara kualitatif, permasalahan dianalisis dengan teori, penegakan hukum dan kepastian hukum. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwadari dua putusan hakim dalam tindak pidana Pencurian dengan Pemberatan terdapat disparitas pidana, disebabkan faktor subyektif dan obyektif hakim, yakni sistem hukum yang berlaku, perundang-undangan, bersumber dari majelis hakim, peristiwa pidana, tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum, hal yang memberatkan dan meringankan terdakwa dan dasarpertimbangan hakim yang menyebabkan terjadinya disparitas peradilan pidana terhadap tindak pidana pencurian dengan pemberatan antara lain berdasarkan pada fakta dan bukti-bukti di persidangan, perbuatan Terdakwa telah memenuhi unsur-unsur dari rumusan Pasal 365 ayat (1) ke-4 dan ke-5 KUHP Kata Kunci : Disparitas Pidana, Tindak Pidana Pencurian, dan Tindak Pidana Pencurian dan atau Pemberatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:27
Last Modified: 23 Oct 2023 03:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32176

Actions (login required)

View Item View Item