IMPLEMENTASI PEMBERIAN RESTITUSI BAGI ANAK KORBAN TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (Studi Putusan Pengadilan Negeri Banjarnegara Nomor 112/Pid.Sus/2022/PN.Bnr)

KRISTIARSO, KRISTIARSO (2023) IMPLEMENTASI PEMBERIAN RESTITUSI BAGI ANAK KORBAN TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (Studi Putusan Pengadilan Negeri Banjarnegara Nomor 112/Pid.Sus/2022/PN.Bnr). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100176_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302100176_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pertimbangan-pertimbangan hakim dalam memutus Perkara Nomor 112/Pid.Sus/2022/PN.Bnr tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual Pada Anak dengan melihat PP Nomor 44 Tahun 2008 dan UU Nomor 12 Tahun 2022; Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode yuridis sosiologis, yaitu menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke objeknya. Jenis penelitian ini adalah Judicial Case Study, merupakan pendekatan studi kasus hukum karena konflik sehingga akan melibatkan campur tangan dengan pengadilan untuk memberikan keputusan penyelesaian serta penelitian ini menggunakan teori-teori hukum berupa Teori Keadilan Islam, Teori Hukum Progresif, Teori Perlindungan Hukum, dan Teori Maslahah Mursalah; Hasil penelitian menunjukkan pertimbangan hakim dalam memutus perkara Nomor 112/Pid.sus/2022/PN.Bnr didasarkan pada 3 (tiga) unsur, yaitu kepastian hukum (yuridis), kemanfaatan (sosiologis), dan keadilan (filosofis). Adapun pelaksanaan putusan hakim mengenai pemenuhan restitusi yang seharusnya dibayarkan Terpidana kepada Anak Korban dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari setelah putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, akan tetapi hingga sekarang restitusi belum dibayarkan oleh Terpidana kepada Anak Korban dikarenakan beberapa kendala, salah satunya yaitu belum adanya peraturan pelaksanaan atau mekanisme pemenuhan restitusi. Kata kunci: Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Anak Korban, Restitusi, Pertimbangan hakim

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:17
Last Modified: 23 Oct 2023 07:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32169

Actions (login required)

View Item View Item