PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN PKN DI KELAS III SDN 1 TUNJUNGHARJO

Ulya, Fita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN PKN DI KELAS III SDN 1 TUNJUNGHARJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900091_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900091_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kurangnya variasi dan inovasi guru dalam mengajar dan kurangnya penggunaan sumber dan media. Pembelajaran yang terjadi sekarang ini termasuk pada jenjang sekolah dasar khususnya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKN). Tujuan utama dari peneliti yang dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design dengan jenis One Group Pretest posttest. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 36 siswa kelas III SDN 1 Tunjungharjo. Hasil dari penelitian yang telah di uji normalitas pada pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari hasil pretest output SPSS dan kolom sig. yang bernilai 0,853 > α (0,05) yang berarti data berdistribusi normal. Dari hasil posttest ouput SPSS pada kolom sig. yang bernilai 0,482 > α (0,05) yang berarti data teserbut normal. Dari hasil uji paired sampel t-test menunjukan hasil sig. (2-tailed) 0,000. Jika sig. (2-tailed) 0,000 < α (0,05) maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh dari model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan pada uji Gain Ternormalisasi berdasarkan data ada 21 siswa hasil belajarnya meningkat, 14 siswa sedang, dan 1 siswa dikategorikan rendah. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritis, PKN

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:11
Last Modified: 20 Oct 2023 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32163

Actions (login required)

View Item View Item