PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MUATAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF FORMAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS 5 SDN DALEMAN

Perkasa, Zurrich Guntur (2023) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MUATAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF FORMAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS 5 SDN DALEMAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900090_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900090_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran, kebiasaan, keterampilan manusia melalui penelitian dan pengajaran menurut. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran PKn dengan materi pokok Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kelas 5 di SD Negeri Daleman Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Dalam hal ini sangat mempengaruhi hasil formatif tes siswa yang sebagian belum mencapai target ketuntasan, target nilai yang dinyatakan tuntas adalah nilai 70. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan model pembelajaran kooperatif pembelajaran formal berbantuan media gambar. Dalam pengumpulan data menggunakan Observasi, Dokumentasi, dan Tes. Dalam hal ini penulis berharap setelah perbaikan terjadi peningkatan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran. Dengan dilaksanakannya perbaikan pembelajaran siklus I dan siklus II. Maka telah terjadi peningkatan hasil belajar yang ditunjukan oleh adanya peningkatan perolehan nilai rata-rata kelas dalam melaksanakan tes formatif serta terjadi peningkatan dalam hal tanggung jawab siswa. Kata kunci : Pendidikan,Pkn,Kooperatif Formal,Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:46
Last Modified: 20 Oct 2023 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32161

Actions (login required)

View Item View Item