ANALISIS PROBLEMATIKA KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGROTO 01

Mukti, Wisnu Cahya (2023) ANALISIS PROBLEMATIKA KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900086_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900086_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)

Abstract

Latar Belakang Masalah Salah satu keterampilan yang perlu ditanamkan pada siswa dan membutuhkan perhatian guru secara menyeluruh yakni keterampilan didalam berbicara. Keterampilan berbicara merupakan satu dari empat kemampuan berbahasa yang perlu ditanamkan agar kemampuan komunikatif siswa dapat dikembangkan secara maksimal. Kemampuan berbicara dalam hal ini bukan sekadar kemampuan siswa menyampaikan hal sederhana dalam percakapan biasa, tetapi juga kemampuan berbicara dalam situasi formalDesain penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana desain penelitiannya berisikan sebuah metode studi kasus yang menggunakan berbagai rancangan pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan angket, yang berfungsi untuk memperoleh sebuah informasi dan sebuah hasil yang didapat secara maksimal dengan menyajikan data dalam bentuk table yang berisikan pendiskripsian dari problemtika keterampilan berbicara pada siswa karena didalam penelitian1.Pengalaman keterampilan berbicara Paparan dibawah ini merupakan data hasil wawancara terhadap siswa 1 dari pertanyaan “ketika maju didepan kelas menyampaikan sebuah kalimat, apa yang kamu rasakan”: “ketika saya maju didepan kelas saya merasakan tidak adanya rasa gugup dikarenakan saya terbiasa maju didepan kelas untuk menyampaikan pesan dari guru biasanya”.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan yang dapat diambil adalah adanya teman yang menurunkan rasa percaya diri sehingga menimbulkan rasa gugup dan kurang percaya diri ketika berbicara di depan kelas. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Percaya Diri, Diskriptif Kualitatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:45
Last Modified: 20 Oct 2023 06:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32160

Actions (login required)

View Item View Item