Mahendra, Sindu (2023) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900080_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900080_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Teman sebaya merupakan lingkungan kedua setelah lingkungan keluarga yang turut berpengaruh bagi kehidupan individu. Teman sebaya berpartisipasi dalam pengembangan pribadi dan sosial siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Karangroto 01. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data primer didalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangroto 01. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan angket kuisioner. Hasil penelitian ini adalah terdapat kelompok siswa yang mengalami pengaruh positif dari pergaulan dengan teman sebaya yang dapat membantu dalam belajar dan meningkatkan hasil belajar kognitif. Terdapat siswa-siswa yang mengalami pengaruh negatif dari pergaulan teman sebaya. Siswa terjerumus dalam lingkungan pergaulan yang cenderung tidak mendukung dalam hal belajar dan mencapai hasil kognitif yang baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh antara pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Karangroto 01. Kata Kunci: Pergaulan Teman Sebaya, Hasil Belajar Kognitif, Mata Pelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 06:41 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 06:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32155 |
Actions (login required)
View Item |