PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS 4 SDN CUNGKUP

Pudyaningrum, Sheshylia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS 4 SDN CUNGKUP. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900079_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900079_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas 4 di SD N Cungkup pada umumnya masih rendah sehingga diperlukan adanya inovasi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Inovasi dalam pembelajaran diperlukan untuk membantu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA, salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Model pembelajaran ini dapat membantu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA karena dalam proses pembelajaran, siswa dapat terlibat secara dalam mengkonstruksi sendiri pengetahuannya sehingga hasil belajarnya akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas 4 SD N Cungkup. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental Design. Kelas yang digunakan yaitu kelas 4 yang diberi tes dan perlakuan. Data awal dan data akhir diperoleh dengan mengadakan pretest dan posttest pada kelas yang diberi perlakuan. Analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji-t dimana nilai signifikansi (2-tailed) 0.000 < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas 4 SD N Cungkup. Kata kunci : Project based Learning, hasil belajar kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:41
Last Modified: 20 Oct 2023 06:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32154

Actions (login required)

View Item View Item