Pudyaningrum, Sheshylia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS 4 SDN CUNGKUP. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900079_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900079_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas 4 di SD N Cungkup pada umumnya masih rendah sehingga diperlukan adanya inovasi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Inovasi dalam pembelajaran diperlukan untuk membantu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA, salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Model pembelajaran ini dapat membantu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA karena dalam proses pembelajaran, siswa dapat terlibat secara dalam mengkonstruksi sendiri pengetahuannya sehingga hasil belajarnya akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas 4 SD N Cungkup. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental Design. Kelas yang digunakan yaitu kelas 4 yang diberi tes dan perlakuan. Data awal dan data akhir diperoleh dengan mengadakan pretest dan posttest pada kelas yang diberi perlakuan. Analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji-t dimana nilai signifikansi (2-tailed) 0.000 < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas 4 SD N Cungkup. Kata kunci : Project based Learning, hasil belajar kognitif, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 06:41 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 06:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32154 |
Actions (login required)
View Item |