PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MEDIA HITUNG MANUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI SISWA KELAS 1 SDN TEMUROSO 03

Robiatusofiyah, Robiatusofiyah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DENGAN MEDIA HITUNG MANUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI SISWA KELAS 1 SDN TEMUROSO 03. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900074_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900074_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi siswa. Kurangnya inovasi yang dilakukan guru dalam proses pembelajran menjadi salah satu faktor penyebab belum terpenuhinya hasil dari tujuan belajar. Tujuan utama dari penelitian ialah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education dengan media hitung manual terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi siswa kelas I SDN Temuroso 03 TA 2022/2023. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen, desain Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest dimana sampel yang digunakan sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat (uji validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran) dan uji syarat (uji normalitas data, uji t, uji gain). Hasil penelitian dengan SPSS menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan dari uji t menghasilkan perhitungan yang sama antara Y1 dan Y2 yaitu nilai sig.(2-Tailed) = 0,000 < ɑ = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu diperkuat dengan hasil uji gain yang mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 0,60 (hasil belajar kognitif) dan 0,47 (motivasi). Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematic Education dengan media hitung manual dapat mempengaruhi dan mengalami peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi siswa. Kata Kunci: Realistic Mathematic Education, Hasil Belajar Kognitif, Motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:38
Last Modified: 20 Oct 2023 06:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32150

Actions (login required)

View Item View Item