ANALISIS PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN PERCAYA DIRI MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Habibullah, Rendra (2023) ANALISIS PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN PERCAYA DIRI MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900072_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900072_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)

Abstract

Rendra Habibullah. 2019. Analisis Penanaman Karakter Disiplin dan Percaya Diri Melalui Ekstrakurikuler Pramuka, Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I: Dr. Rida Fironika, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II: Jupriyanto, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini berfokus pada penanaman karakter disiplin dan percaya diri melalui ekstarkurikuler pramuka. Tanpa disadari, pada saat ini terjadi krisis yang nyata bagi anak-anak dan remaja. Krisis yang dimaksud adalah menurunnya rasa disiplin dan percaya diri yang dapat berpengaruh pada kehidupan di masyarakat. Karakter disiplin dan percaya diri adalah salah satu karakter yang seharusnya dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Karena karakter tersebut merupakan karakter yang sangat dibutuhkan bagi generasi penerus bangsa dalam menuju kesuksesan. Salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk menanamkan karakter tersebut adalah ekstrakurikuler pramuka. Pramuka merupakan organisasi atau Gerakan kepanduan yang mendidik anggotanya dalam berbagai keterampilan seperti disiplin dan percaya diri. Karena pramuka merupakan salah satu pendidikan nonformal yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai kepramukaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penanaman karakter disiplin dan percaya diri melalui ekstrakurikuler pramuka. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka sudah tersusun dan sudah berjalan di SDN Kalibanteng Kidul 1. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa semua subjek penelitian yang berjumlah 10 siswa memiliki karakter disiplin dan percaya diri. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa benar adanya kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang dilakukan secara rutin dapat menumbuhkan karakter disiplin dan percaya diri pada siswa. Kata kunci: disiplin, percaya diri, pramuka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:37
Last Modified: 20 Oct 2023 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32149

Actions (login required)

View Item View Item