Enggarnis S, Orchita (2023) DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK KELAS VI DI SEKOLAH DASAR ISLAM SULTAN AGUNG 04. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900069_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900069_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada dampak penggunaan smartphone terhadap perilaku sosial siswa. Penggunaan smartphone oleh siswa yang dapat menimbulkan dampak positif dan negatif . Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan smartphone terhadap perilaku sosial siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif analisis data instrumen. Teknik analisis data mengacu pada model Milles dan Hubberman yang terditi dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengujian keabsahan data deilakukan dengan kreadibilitas teknik triangulasi yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Instrumen yang dipakai adalah observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan : 1) Penggunaan smartphone di SD tergolong sangat besar. Kebanyakan siswa menggunakan smartphone untuk bermain game dan membuka tiktok. 2) Dampak penggunaan smartphone terhadap perilaku siswa yaitu terdapat dampak positif dan negatif. Adapun dampak positifnya memudahkan siswa dalam berkomunikasi melalui whatsapp, sedangkan dampat negatifnya siswa berperilaku kurang sopan dengan berkata kotor, ketahuan menonton film dewasa. Kata Kunci : Smartphone, perilaku sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 06:36 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 06:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32148 |
Actions (login required)
View Item |