Sa’idah, Nur (2023) ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BOARDING SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SD TAHFIDZ ROUDLOTUL QUR’AN DEMAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900067_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900067_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada SD Tahfidz Roudlotul Qur’an Deemak guna mengungkap strategi pembelajaran boarding school terhadap pembentukan karakter kemandirian peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Instrumen penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru, alumni dan peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah dengan jumlah 5 orang terpilih. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran boarding school menggunakan strategi internal terdiri dari perencanaan, pengajaran, pelaksanaan, hukuman dan hadiah dan evaluasi. Strategi eksternal yaitu pengenalan, pengawasan dan evaluasi. Proses pendidikan karakter kemandirian peserta didik secara psikologis dan sosiokultural serta penerapan pendidikan kemandirian disekolah dengan memberikan pembelajaran keagamaan dengan metode yang menyenangkan dan tidak membuat peserta didik jenuh dan berkegiatan sosial. Kata Kunci : boarding school, karakter kemandirian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 06:36 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 06:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32147 |
Actions (login required)
View Item |