Ardiyana, Nely (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS III SD NEGERI PACET. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900062_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900062_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
Abstract
Penelitian difokuskan pada pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android berupa e-comic pada materi literasi membaca kelas III SD Negeri Pacet. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Adapun permasalahan yang ada yaitu siswa kurang memahami pentingnya membaca, guru jarang menggunakan media pembelajaran, adanya kebosanan yang dihadapi siswa saat belajar, siswa merasa kesulitan dalam memahami cara membaca, dan kurangnya partisipasi dari siswa saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, terdiri dari tahap analysis (analisis) yaitu menganalisis kebutuhan dan menganalisis kelayakan, tahap design (perancangan) membuat kerangka media, tahap development (pengembangan) mengembangkan kerangka media e-comic menggunakan aplikasi articulate storyline, tahap implementation (implementasi) diawali dengan mengerjakan pretest kemudian penerapan media e-comic pada proses pembelajaran dilanjutkan mengerjakan posttest serta angket respon guru dan siswa. dan tahap evaluation (evaluasi) dilakukan analisis hasil tes dan angket respon guru dan siswa. Dari tahap yang telah dilaksanakan, pengembangan media pembelajaran e-comic memenuhi kriteria valid. Uji kelayakan media dilakukan oleh tiga validator, hasil analisis indeks V keseluruhan sebesar 82% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis angket respon guru memperoleh persentase sebesar 92% kriteria sangat baik, dan angket respon siswa mendapat minimal skor 65% tergolong kriteria baik. Kegiatan belajar menggunakan media pembelajaran e-comic efektif terhadap prestasi belajar, dengan hasil uji-t memperoleh nilai signifikansi 0,000, maka terdapat perbedaan prestasi belajar siswa, sedangkan hasil uji gain memperoleh nilai 0,80 termasuk dalam kriteria tinggi. Saran yang diberikan dalam penelitian ini sebaiknya guru dapat membuat media pembelajaran agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media pembelajaran e-comic dapat dijadikan sebagai acuan bagi guru dalam membuat media pembelajaran yang lebih baik lagi. Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Comic, Literasi Membaca
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 07:09 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 07:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32145 |
Actions (login required)
View Item |